Hati-hati, Ini Kesalahan Orang Tua Saat Rawat Gigi Anak

Avatar of PortalMadura.com
Hati-hati, Ini Kesalahan Orang Tua Saat Rawat Gigi Anak
Ilustrasi

PortalMadura.Com sejak dini merupakan salah satu hal yang sangat penting dilakukan orang tua. Karena jika tidak akan menimbulkan masalah saat dewasa nanti. Misalnya gigi menjadi berdempet, bolong atau bahkan tidak tumbuh. Tentunya Anda tidak mau kan jika anak Anda kelak memiliki gigi yang tidak sehat?.

Akan tetapi yang terjadi, tidak sedikit dari beberapa orang tua yang kurang peduli terhadap kesehatan gigi anak-anaknya. Tidak heran apabila masalah gigi anak saat dewasa menjadi terganggu bahkan bisa jadi mengurangi rasa percaya dirinya. Oleh karena itu, agar hal tersebut tidak terjadi pada anak dikemudian hari maka Anda sebagai orang tua harus merawatnya sejak dini.

Hal ini sejalan dengan yang disampaikan oleh dokter gigi sekaligus founder dari Vatsalya Dental, India, Dr Srivats Bharadwaj. Ia menyampaikan bahwa, menanamkan kebiasaan-kebiasaan terkait kesehatan gigi dan mulut seharusnya dimulai sejak kecil.

“Namun orang tua justru kebanyakan berpikir bahwa gigi susu tidak perlu terlalu diperhatikan. Gigi susu dianggap akan tanggal dan pasti akan tergantikan oleh gigi permanen. Maka dari itu, kesehatan gigi susu pun tidak perlu dipikirkan. Ini keliru,” tutur Bharadwaj.

Ia menegaskan bahwa dasar utama dari gigi yang sehat, rapi dan kuat justru dimulai dari gigi susu, bukan dari gigi permanen. Ketika gigi susu tidak dirawat dan dibiarkan rusak, maka seterusnya pertumbuhan gigi bisa menjadi terganggu.

“Gigi susu juga merupakan panduan bagi gigi permanen untuk memiliki posisi tumbuh yang tepat. Keberadaan gigi susu memfasilitasi pertumbuhan yang lebih kuat dari rahang, sehingga menghindari gigi tumbuh ‘berantakan'. Jika gigi susu rusak, gigi permanen berisiko tumbuh tidak seperti yang seharusnya. Gigi permanen juga berisiko menjadi lebih rentan rusak,” imbuhnya.

Selain risiko secara fisik, gigi susu yang rusak dan tidak terawat juga dapat menimbulkan efek psikologis seperti kurangnya rasa percaya diri. Ketika hal tersebut terjadi, umumnya akan sulit bagi seorang anak untuk membangun kembali kepercayaan dirinya.

Maka dari itu, perawatan gigi susu pada anak dinilai penting. Untuk memulai perawatan yang tepat, orang tua dianjurkan untuk rutin membawa buah hatinya ke dokter gigi setidaknya enam bulan sekali. Semoga informasi ini bermanfaat. (detik.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.