HET Elpiji 3 Kg Masalembu Diusulkan Rp27.500

Avatar of PortalMadura.Com
HET Elpiji 3 Kg Masalembu Diusulkan Rp27.500
dok. Aktivitas Pengiriman Elpiji di Pelabuhan Kalianget

PortalMadura.Com, –  Kecamatan/ Pulau , Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mengusulkan Harga Eceran Tertinggi (HET) elpiji ukuran 3 kg sebesar Rp27.500 per tabung. Usulan ini tertinggi dibanding wilayah kecamatan kepulauan lainnya.

“Usulan HET itu memang tertinggi. Yang lain fariatif,”  kata Kepala Sub Bagian Perekonomian Setkab Sumenep, Suhermanto, Senin(9/3/15).

Menurut Suhermanto, adanya HET lokal itu memang diijinkan, sebab sesuai Peraturan Gubernur Jawa Timur, jarak di atas 60 km dari stasiun pengisian bahan bakar elpiji, kabupaten/kota bisa menghitung sendiri HET.

“Kalau wilayah itu masih radius 60 km dari SPBE, HET-nya mengikuti Propinsi yakni Rp16 ribu per tabung,” terangnya.

Wilayah Sumenep terdiri dari 27 kecamatan, 9 kecamatan diantaranya masuk wilayah kepulauan.

“Kecamatan Arjasa dan Kangayan, HET yang diusulkan Rp24 ribu. Kecamatan Giligenting dan Nonggunong Rp20 ribu, dan untuk Kecamatan Raas Rp17.850,” katanya.

Ia memaparkan, usulan HET untuk wilayah kepulauan tersebut ditentukan beberapa variabel. Diantaranya biaya transportasi laut, ongkos kuli angkut pelabuhan, dan tarif tanda masuk pelabuhan.

“HET yang diusulkan tersebut merupakan HET hingga di pangkalan yang ditunjuk atau agen,” paparnya.

Ia menegaskan, usulan HET elpiji tersebut masih mengacu pada HET elpiji Rp14 ribu per tabung. Padahal berdasarkan Peraturan Gubernur Jawa Timur No 6 tahun 2015, mulai Januari 2015, HET elpiji 3 kg di Jawa Timur ditetapkan Rp16 ribu per tabung.

“Besok (Selasa (10/3/15), tim pemantau distribusi BBM dan elpiji akan menggelar rapat koordinasi, untuk menentukan berapa tingkat kewajaran harga elpiji di kepulauan,” pungkasnya. (arifin/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.