Ibadah Bulan Syawal, Salah Satunya Ditunggu-tunggu Kaum Jomblo

Avatar of PortalMadura.Com
Ibadah Bulan Syawal, Salah Satunya Ditunggu-tunggu Kaum Jomblo
ilustrasi

PortalMadura.Com – Proses pendidikan dan pahala yang berlipat ganda bagi umat muslim telah dijalani selama bulan suci Ramadan 1438 H/ 2017 M.

Kini telah memasuki bulan Syawal. Allah juga memberikan keistimewaan tersendiri pada bulan Syawal. Arti dari Syawal, adalah peningkatan.

Dapat di artikan bahwa di bulan Syawal, diminta terus meningkatkan ibadah yang sudah dilakukan selama Ramadan. Ibadah pada bulan Syawal tentu mempunyai pahala yang cukup besar.

Puasa Enam Hari

Umat muslim juga dianjurkan untuk melakukan puasa sunah Syawal selama enam hari. Puasa ini di haramkan jika dilakukan saat tanggal satu Syawal atau saat hari Idul fitri. Sebab pada hari itu merupakan hari makan dan minum.

Ada baiknya, Anda melakukan puasa Syawal sekitar satu pekan setelah Idul Fitri. Allah mengganjar orang yang melakukan puasa enam hari saat Syawal dengan pahala ibarat puasa selama setahun penuh.

Banyak yang mengatakan, puasa Syawal merupakan tanda jika Allah telah menerima puasa Ramadan bagi hambanya. Puasa Syawal juga merupakan sebagai bentuk syukur seorang hamba kepada Allah dan untuk mendapatkan ampunan dari Allah.

I’tikaf

Itikaf merupakan ibadah yang dilakukan dengan berdiam diri di dalam masjid. Saat Itikaf, seseorang menjalankan salat lima waktu dan melakukan dzikir. Ibaratnya itikaf merupakan cara mendekatkan diri kepada Allah.

Menikah

Bulan Syawal merupakan bulan yang paling baik untuk menikah. Ketika ingin menikah, kedua pasangan sudah tentu akan mencari waktu terbaik untuk menikah.

Dalam Islam di anjurkan untuk menikah saat bulan Syawal. Tanggal berapapun dan hari apapun akan menjadi sesuatu kebaikan jika dilakukan untuk menikah.

Hal ini juga sebagai sunah rasul. Dimana rasul menikah di bulan Syawal. Seperti yang dikisahkan dalam hadis muslim dari istri Rasul Aisyah RA.

“Rasulullah SAW menikahiku saat bulan Syawal dan mengadakan malam pertama dengan aku di bulan Syawal. Manakah istri beliau yang lebih mendapatkan perhatian selain aku?,” (HR. Muslim, An Nasa’i).(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.