Ingin Anak Tumbuh Jadi Orang Hebat? Ini Solusinya!

Avatar of PortalMadura.Com
Ingin Anak Tumbuh Jadi Orang Hebat? Ini Solusinya!
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap anak pasti memiliki potensi untuk dapat tumbuh menjadi orang-orang yang hebat. Perilaku orang tua sangat berhubungan langsung dengan perkembangan sikap anak. Maka dari itu hebat tidaknya seorang anak dipengaruhi dari bagaimana cara orang tua mendidik.

Namun seringkali dalam perjalanannya, banyak orang tua yang mengabaikan banyak hal yang harusnya sangat diperhatikan dalam pendidikan anak. Akibatnya, dengan sistem pendidikan yang kurang atau bahkan salah, anak akan justru tumbuh menjadi pribadi yang jauh dari kebanggaan.

Nah, berikut ini adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan dalam mendidik buah hati Anda supaya suatu hari nanti mereka dapat tumbuh menjadi orang-orang yang hebat:

Ciptakan Suasana Keluarga yang Harmonis
Dengan keluarga yang harmonis, penuh dengan kasih sayang dan cinta, anak akan merasa aman, nyaman, dan terlindungi.

Harmonis bukan dalam artian tak pernah ada perbedaan pendapat sama sekali, namun mampu memanajemen perbedaan untuk tidak sampai menimbulkan perselisihan.

Kalaupun orangtua dengan sangat terpaksa akhirnya sedikit bertengkar, jangan sampai anak-anak tahu, dan segera selesaikan permasalahan sebelum membesar.

Tata Ruang Rumah yang Nyaman
Kondisi lingkungan, termasuk lingkungan suasana rumah, ternyata juga sangat berpengaruh pada rasa betah anak saat di rumah.

Bahkan tak hanya anak, orang tua atau siapapun yang ada di rumah tersebut bukan kah seperti itu juga?

Bukan berarti harus memaksa diri membeli atau memiliki rumah bagus, namun rumah yang telah dimiliki ditata senyaman dan serapi mungkin, agar suasana menjadi lebih menenangkan.

Jadilah Orang Tua yang Aktif
Pada usia pertumbuhannya, anak-anak lebih cenderung suka bermain, bercerita, dan mendengarkan cerita-cerita yang menarik.

Apalagi saat anak memasuki usia , dimana emosi mereka mendadak berubah labil, dan harus perlu perhatian yang lebih.

Orangtua harus bisa lebih aktif mengetahui perkembangan anaknya secara langsung, memahami kesenangan dan apa yang tak disukainya.

Dengan menjadi orangtua yang aktif, secara otomatis anak-anak akan lebih percaya kepada kita sebagai orang tuanya melebih kepada siapapun.

Menjadi Sahabat Anak
Selain sebagai orang tua yang aktif, harusnya kita juga perlu menempatkan diri sebagai sahabat bagi mereka. Bukan sebagai sosok yang mereka takuti.

Karena dengan menjadi sahabat, secara otomatis anak-anak akan dekat dengan kita.

Dan mereka mematuhi kita bukan karena tekanan rasa takut, tapi karena rasa hormat dan taat.

Jangan Pernah Menjadi Sosok Otoriter
Kadang banyak orangtua yang merasa memiliki anaknya, merasa telah banyak berkorban bagi anaknya, sehingga secara otomatis mereka melakukan sikap yang otoriter pada anak-anak.

Tahukah kamu, bahwa sikap otoriter adalah salah satu penyebab utama anak menjadi jauh dari orangtuanya dan tumbuh menjadi pemberontak?

Ya, itu karena anak merasa orang tuanya sangat mengekang dan tak mendukungnya dalam meraih mimpi.

Selalu Siap Mendampingi
Jangan pernah menjadi orang tua sibuk yang tak memiliki waktu-waktu berkualitas bagi anak, karena pelan-pelan anak akan mulai kehilangan sosok kita sebagai orangtua.

Itulah mengapa, sesibuk apapun kita di luar atau dalam rumah sekalipun, kita harus bisa tetap menjadi orangtua yang siap sedia dalam mendampingi anak-anak kita.

Bantulah anak-anak Anda jangan telantarkan mereka, arahkanlah mereka agar bisa menjadi orang-orang yang hebat suatu hari nanti. (tandapagar.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.