Ingin Bersihkan Spion Mobil? Lakukan 4 Langkah Ini

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Bersihkan Spion Mobil? Lakukan 4 Langkah Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kaca spion memiliki fungsi untuk melihat keadaan lalu lintas jalan yang ada di belakang mobil. Untuk itu, komponen yang satu ini perlu dibersihkan dan dirawat agar fungsinya tetap bekerja baik dan nyaman dilihat.

Sebab, kaca yang kotor tentu saja akan mengurangi visibilitas pengemudi, efeknya pun cukup membahayakan. Kondisi ini bisa membuat pengemudi juga kurang waspada dengan manuver kendaraan lain.

Lantas, bagaimana cara membersihkan kaca spion mobil yang benar? Yuk, ikuti tips berikut ini:

Lekas Bersihkan jika Spion Kotor
Kaca spion yang kotor dapat membuat jamur tumbuh. Hal ini, karena spion yang sering di bawah matahari akan membuat kotoran menempel semakin kuat.

Jika tidak segera dibersihkan akan mengalami oksidasi dan berubah menjadi jamur. Maka dari itu, lekas bersihkan spion sehabis dicuci atau terkena air hujan. Sebab, air yang dibiarkan mengering sendiri dapat merusak spion lama kelamaan.

Jangan Gunakan Pembersih Multiguna
Banyak pemilik mobil yang sembarangan memilih pembersih. Padahal pembersih serba guna banyak mengandung busa dan dapat meninggalkan goresan serta noda.

Pemilik mobil seharusnya memilih cairan pembersih yang khusus untuk membersihkan kaca atau cermin. Kemudian, jangan pilih cairan pembersih yang mengandung amonia karena dapat menyebabkan pengeringan dan masalah lainnya.

Jangan Langsung Semprotkan Cairan Pembersih ke Spion
Jangan langsung menyemprotkan cairan pembersih ke kaca spion. Seharusnya, cairan pembersih disemprotkan ke kain pembersih, kemudian baru membersihkan spion.

Cara ini membantu menghindarkan spion dari kemungkinan bintik-bintik akibat cairan pembersih yang menguap.

Hindari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung saat Dibersihkan
Ketika akan membersihkan spion, pindahkan mobil ke tempat yang teduh dan tunggu hingga suhunya turun. Permukaan spion yang panas dan lalu dibersihkan dengan cairan pembersih akan menyebabkan cairan menguap dengan sangat cepat.

Kondisi ini tentu akan meninggalkan bintik-bintik dan garis-garis yang kadang sulit dihilangkan. (metrotvnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.