PortalMadura.com

Ingin Hasil Potret di Smartphone Sebagus Kamera Digital? Ini 5 Tipsnya

  • Selasa, 11 Juli 2017 | 15:00
Ingin Hasil Potret di Smartphone Sebagus Kamera Digital? Ini 5 Tipsnya
ilustrasi
Loading...

PortalMadura.Com – Penggunaan smartphone selain untuk alat komunikasi dan bermedsos ria, juga bisa untuk mengabadikan setiap momen yang terjadi dengan memotret. Setiap orang pasti ingin mengabadikan setiap peristiwa yang terjadi setiap hari, entah untuk koleksi pribadi ataupun mengunggahnya ke media sosial.

Normalnya Anda menggunakan kamera untuk memotret. Namun dengan dukungan teknologi saat ini, Anda hanya perlu memakai smartphone. Sayangnya, foto yang dihasilkan smartphone kadang tidak setajam hasil kamera digital.

Akan tetapi Anda jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar hasil memotret di smartphone bisa sebagus kamera digital. Lantas, bagaimana caranya?.

Berikut lima cara memotret di smartphone agar sebagus kamera digital:

Gunakan Monopod atau Tripod
Foto yang baik adalah foto yang tajam dan fokus. Lantas, bagaimana caranya mendapat foto tajam? Salah satunya adalah dengan menggunakan penyangga seperti Monopod atau Tripod. Dengan begitu, hasil foto setidaknya tidak shaking atau blurry.

Perhatikan Cahaya di Sekitar Objek Foto
Hal ini adalah faktor yang tidak kalah penting. Komposisi cahaya yang baik akan menghasilkan gambar yang baik pula. Jika cahaya di sekitar objek kurang, hasilnya foto terlihat berbintik dan pecah. Sebaliknya, jika terlalu banyak cahaya, hasilnya akan over-exposured.

Gunakan Rule of Third
Fitur ini biasanya berupa grid yang ada di tiap kamera smartphone. Tujuannya agar pengguna bisa menyesuaikan titik horizontal dan vertikal, serta menentukan titik menarik objek foto.

Gunakan Modus HDR
Untuk mendapat foto lebih tajam, pengguna bisa mengaktifkan modus High Dynamic Range (HDR). HDR menggabungkan tiga exposure sehingga sudut paling terang dan gelap bisa terlihat jelas. Namun, ukuran file foto HDR relatif lebih besar dibanding ukuran file foto biasa.

Gunakan Filter
Setiap foto pasti menceritakan kesan berbeda. Gunakanlah filter yang ada untuk mempertajam kesan itu. Misalnya untuk memberi kesan kalem, gunakan filter kebiruan. Sementara untuk memberi kesan elegan, gunakan filter kecoklatan. (liputan6.com/Desy)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional