PortalMadura.com

Ingin Jadi Kartini Masa Kini? Lakukanlah 3 Hal ini

  • Jumat, 21 April 2017 | 11:41
Ingin Jadi Kartini Masa Kini? Lakukanlah 3 Hal ini
Ilustrasi
Loading...

PortalMadura.Com – Raden Ajeng Kartini atau yang biasa di kenal dengan R.A. Kartini merupakan seorang tokoh yang berasal dari Jawa dan sekaligus menjadi Pahlawan Nasional Indonesia yang lahir pada tanggal 21 April 1879. Wanita ini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi. Ia memperjuangkan hak-hak wanita sehingga bisa menjadi mandiri dan mendapat kesejajaran hak dengan kaum pria pada era 1900an.

Kartini merupakan wanita yang memiliki keturunan bangsawan, sehingga ia di jodohkan dengan lelaki pilihan orang tuanya bernama Raden Adipati Joyodiningrat yang juga berasal dari keturunan yang sama. Beruntung sang suami sangat mendukung ide dan cita-cita untuk meningkatkan derajat dan martabat kaum wanita.

Salah satu perjuangan yang telah direalisasikan kartini, yaitu dengan berdirinya sekolah wanita yang diberi nama “Sekolah Kartini”, yang tersebar di beberapa daerah Indonesia seperti Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon dan daerah lainnya.

Dalam perjuangannya itu, Kartini menginspirasi pola kemajuan berpikir wanita Belanda sehingga ia mampu mengubah kultur ‘wanita terbelakang’ menjadi ‘wanita maju’ bagi seluruh kaum wanita di Indonesia. Perjuangannya memang patut diacungi jempol karena ia memiliki semangat yang kuat untuk mengubah wanita yang pada zaman dahulu hanya diperbolehkan beraktivitas di rumah, sibuk di dapur ataupun melayani laki-laki yang kelak akan menjadi suaminya berubah menjadi wanita modern yang bisa berdiri sendiri.

Akan tetapi, perjuangan wanita ini terhenti karena meninggal saat melahirkan putra pertamanya tanggal 17 september 1904. Namun, walaupun demikian tokoh emansipasi wanita ini masih melegenda dan patut dikenang sepanjang masa. Lantas, apa saja yang bisa dilakukan wanita masa kini agar bisa meneruskan perjuangan Kartini?. Ini tipsnya:

Wanita Harus Cerdas dan Banyak Ide
Seperti yang dilakukan Kartini, menjiplak konsep kekinian wanita Belanda pada masanya membuatnya berkembang dengan pikiran terbuka untuk memajukan wanita Indonesia. Di masa ini pun bisa melakukan hal yang sama. Banyak membaca, menambah referensi informasi, cari pengalaman disana sini dan mampu mengembangkan berbagai ide untuk terus memberi inspirasi bagi banyak orang adalah hal yang dapat dilakukan untuk mengembangkan diri.

Said Abdullah

Wanita Harus Tangguh dan Berani
Sebagaimana perjuangan Kartini yang berani untuk mendobrak budaya lama menjadi budaya baru tentang hak dan martabat wanita, di masa ini pun Anda harus melakukan hal yang sama. Untuk menjadi wanita modern, Anda harus menyingkirkan berbagai pemahaman masa lalu bahwa wanita itu lemah, penakut dan atau tidak bisa mandiri.

Di zaman yang serba maju ini, wanitapun harus berpikiran maju yang diimbangi dengan tekad kuat untuk bisa semakin eksis dan bermanfaat bagi banyak orang. Hapus pemikiran lama dan buktikan bahwa wanita bisa melakukan hal-hal yang sebelumnya hanya bisa dilakukan oleh kaum pria.

Membawa Nama Baik Indonesia
Ya, inilah yang dilakukan Kartini di masa lalu karena hasil kumpulan tulisannya yang dibukukan dan berbagai sekolah wanita yang ia kembangkan telah diketahui dunia internasional, bahwa ia ada untuk meningkatkan derajat wanita Indonesia. Namun popularitasnya tidak lantas membuatnya sombong, justru kerendahan hatinya sungguh sangat dikagumi oleh banyak orang. Wanita masa kini pun mampu melakukan hal yang sama, yaitu populer dengan karyanya dan dapat membawa nama baik Indonesia serta membuktikan bahwa negara ini kaya akan masyarakat yang unggul dan dapat bersaing di kancah Internasional.

Akan tetapi, jangan hanya terpesona melihat kehebatan orang lain. Anda pun harus berbangga hati dengan segala potensi yang di miliki. Kembangkan potensi agar seperti Kartini, yaitu bermanfaat bagi banyak orang. Para wanita yang hobi menulis pun dapat disebut sebagai Kartini jika tulisannya mengandung aspek-aspek sosial dan dapat memberikan inspirasi bagi banyak orang.

Selain itu, seorang ibu rumah tangga yang rajin menyelesaikan pekerjaan rumah dan menyediakan hidangan terbaik untuk keluarganya juga disebut Kartini karena ia telah bermanfaat bagi keluarganya. Atau pun berbagai aktivitas positif lainnya yang dapat Anda lakukan agar bermanfaat bagi sesama.

Buktikan bahwa Anda bisa dan mampu untuk menjadi wanita mandiri di masa ini. Teruskan perjuangan Kartini dengan berbagai potensi yang Anda miliki. “Jangan Pernah Menyerah! Teruslah Berjuang untuk Kemajuan dan Kemandirian Kaum Perempuan Indonesia”. SELAMAT HARI KARTINI. (kompasiana.com/Lala)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional