Ingin Kuliah? Ini 4 Tips Ampuh Dapatkan Beasiswa Unggulan

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Kuliah? Ini 4 Tips Ampuh Dapatkan Beasiswa Unggulan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Mungkin sering Anda mendengar pepatah yang mengatakan bahwa “tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina”. Istilah tersebut menyarankan kepada semua orang untuk mendapatkan ilmu setinggi-tingginya dengan tujuan agar dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang dan sekaligus menjadi tolak ukur kemajuan suatu negara.

Namun, tidak semua orang bisa mengenyam pendidikan sampai ke perguruan tinggi dikarenakan faktor biaya yang sangat mahal, terlebih bagi keluarga yang kurang mampu. Menyikapi hal tersebut sehingga pemerintah dan swasta berlomba-lomba untuk menyediakan agar anak muda yang memiliki potensial dapat mengembangkan dirinya di perguruan tinggi.

Akan tetapi tidaklah mudah dalam memperoleh beasiswa ini, selain harus bersaing, mereka juga harus menyiapkan banyak hal mulai dari prosedur pendaftaran beasiswa sampai hal non teknis lainnya. Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkannya, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan beasiswa tersebut:

Rajin Mencari Kesempatan
Anda harus rajin mencari kesempatan dan tawaran beasiswa. Jangan malas melakukan observasi dan penelitian kecil-kecilan mengenai universitas dan jurusan yang dituju.

Jangan Terburu-buru dalam Mengajukan Beasiswa
Apalagi jika Anda menyadari dirimu belum siap. Perlu waktu untuk menyiapkan segala dokumen untuk pengajuan beasiswa. Jangan sampai hal sepele membuat Anda ditolak karena Anda melupakan satu atau dua hal.

Perhatikan Prosedur dan Aplikasi Beasiswa
Pastikan semua prosedur dan aplikasi beasiswa sudah memenuhi syarat dan sesuai dengan permintaan penyedia beasiswa.

Banyak Bertanya dan Konsultasi dengan Orang Lain
Anda patut menimba ilmu dan pengalaman dari teman atau senior yang pernah menerima beasiswa. Jika semua sudah siap Anda harus berani mendaftar beasiswa unggulan. Selamat mencoba dan semoga sukses. (detik.com/Lala)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.