PortalMadura.com

Ingin Makan Anda Bermanfaat dan Sehat? Yuk, Contoh Cara Rasulullah

  • Selasa, 11 Oktober 2016 | 17:00
Ingin Makan Anda Bermanfaat dan Sehat? Yuk, Contoh Cara Rasulullah
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap aktivitas dan pola kehidupan Rasulullah memang sudah dirancang oleh Allah SWT sebagai contoh teladan yang baik (uswah hasanah) bagi semua manusia. Teladan itu mencakup berbagai aspek kehidupan termasuk dalam hal pola makan.

Bahkan, siapapun yang mengikuti adab Rasulullah berarti telah menjalankan sunah dan diyakini bermanfaat bagi kesehatan.

Saat makan, Rasulullah selalu dalam posisi duduk lurus dan berhenti saat sudah kenyang. Rasulullah bersabda kepada para sahabatnya: “Jika kalian makan sebutlah nama Allah Yang Maha Tinggi. Jika lupa di permulaan, bacalah Bismillah awwalah akhirah atau dengan nama Allah di awal dan di akhir,” (HR. Abu Dawud).

Rasulullah tidak pernah meniup makanannya jika panas, apalagi mencelanya. Jika beliau suka, beliau makan. Jika tidak, beliau tinggalkan. Rasulullah juga menganjurkan agar cuci tangan sebelum dan sesudah makan dan memakai tiga jari.

Sebagaimana sabda Rasulullah: “Mencuci tangan sebelum makan adalah berkah dan setelah makan menghilangkan penyakit,”.

Selain mencuci tangan, Rasulullah juga berwudu dan banyak memuji nama Allah saat sesudah makan. Diceritakan oleh Anas, bahwa aku mendengar Rasulullah bersabda: “Siapa yang ingin rumahnya dilimpahi kebaikan oleh Allah berwudu lah saat makanan dihidangkan dan saat dikemasi,” (HR. Ibn Majah dan Al Baihaqi). (merdeka.com/Salimah)


loading...

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional