PortalMadura.com

Ingin Rezeki Anda Mudah Diraih? Yuk, Lakukan Amalan Ini!

  • Kamis, 10 November 2016 | 17:00
Ingin Rezeki Anda Mudah Diraih? Yuk, Lakukan Amalan Ini!
ilustrasi

PortalMadura.Com – Rezeki merupakan salah satu perkara yang sudah ditetapkan oleh Allah, bahkan sebelum manusia terlahir ke dunia. Rezeki pun tidak hanya berupa materi dan uang saja. Akan tetapi juga bisa dalam bentuk lain yang mampu mendatangkan kebahagiaan. Bahkan tidak hanya manusia, binatang melata pun telah dijamin rezekinya oleh Allah.

Sebagaimana firman Allah SWT: “Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (lauhul mahfuz),” (QS Hud :6).

Oleh karena itu, yang hanya diperlukan setiap makhluk hidup adalah upaya dan usaha untuk menjemput rezeki tersebut dengan cara yang Allah gariskan. Bagi manusia, Allah telah menggariskan sejumlah pintu untuk memperoleh rezeki dengan mudah dan berkah.

Berikut delapan cara agar rezeki manusia mudah diraih:

Istighfar Memohon Ampun
Allah berfirman: “Maka aku berkata (kepada mereka), ‘Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, mengadakan kebun-kebun untukmu, dan mengadakan sungai-sungai untukmu,” (QS Nuh : 10-12).

Syukur dan Berterima Kasih kepada Allah
Allah berfirman: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu,” (QS Ibrahim : 7).

Merefleksikan sikap bersyukur dalam kehidupan sehari-hari, dapat dilakukan dengan sikap tidak rakus dan menjauhi hal-hal haram ketika mencarinya (QS al-Maidah : 88), tidak menggunakannya untuk hal-hal yang tidak diridhai Allah (QS al-Isra : 27), dan memperbanyak kalimat hamdalah setelah menikmati atau menggunakannya (QS al-Ankabut : 63).

Takwa
Allah berfirman: “Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya,” (QS at-Thalaq : 2-3).

Bersedekah
Dengan bersedekah rezeki akan dilipatgandakan, sebagaimana firman-Nya: “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya,” (QS Saba : 39).

Salat Dhuha
Rasulullah bersabda: “Allah berfirman, wahai anak Adam, janganlah sekali- kali engkau malas melakukan salat empat rakaat pada pagi hari (salat Dhuha) karena akan kucukupi kebutuhanmu hingga sore hari,” (HR Tirmidzi).

Membantu Hajat Orang Lain
Sebagaimana sabda Rasulullah: “Barang siapa yang membantu hajat saudaranya maka Allah akan membantu hajatnya,” (HR Muslim).

Dalam hadis lain dinyatakan: “Dan barang siapa memudahkan orang yang susah maka akan dimudahkan oleh Allah di dunia dan akhirat, dan Allah akan menaungi seseorang hamba yang selalu memberi naungan kepada saudaranya,” (HR Muttafaqun Alaih).

Menikah
Allah berfirman: “Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui,” (QS an-Nur : 32).

Kemudian rezeki akan semakin bertambah di saat memiliki keturunan, sebagaimana janji Allah: “Janganlah kamu membunuh anak-anak kamu karena takut kemiskinan. Kami akan memberi rezeki kepadamu dan kepada mereka,” (QS al-An’am :151).

Silaturahim
Amalan ini sangat dianjurkan Rasulullah, karena dalam silaturahim ini Anda saling berkenalan, bertukar informasi, dan saling berintraksi. Dengan demikian, pasti ada pengalaman yang bisa saling diberikan, ada tambahan ilmu, dan persaudaraan. Hal ini semua merupakan salah satu bentuk rezeki.

“Barang siapa yang senang untuk dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya maka hendaklah dia menyambung tali silaturahim,” (HR Muslim). (republika.co.id/Salimah)

loading...

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional