Ingin Selalu Akur Dengan Ibu Mertua? Lakukan Hal Ini

Avatar of PortalMadura.Com
Ingin Selalu Akur Dengan Ibu Mertua? Lakukan Hal Ini
ilustrasi (ummiindonesia.com)

PortalMadura.Com – Seorang memang paling susah akur dengan ibu mertuanya. Namun jika terus-terusan bermusuhan dengan ibu mertua, rumah tangga Anda juga bisa terancam.

Perlu Anda ingat, bahwa ketika Anda menikah dengan seseorang berarti Anda juga harus ‘menikahi' keluarganya. Anda tidak boleh hanya mencintai anaknya namun cuek dengan keluarganya terutama orang tuanya.

Setiap pasangan perlu menyesuaikan kembali pola dan kebiasaan hidup yang biasa dilakukan di rumahnya masing-masing sebelum menikah.

Berikut empat cara yang dapat Anda lakukan agar bisa akrab dan akur dengan ibu mertua:

Hormati Mertua Sebagaimana Menghormati Ibu Kandung
Ibu mertua adalah ibu Anda juga. Anda menikahi putranya berarti sudah siap menerimanya menjadi ibu bagi Anda. Terima beliau sebagai ibu Anda. Perlakukan beliau sebagaimana Anda memperlakukan ibu kandung sendiri. Hormati beliau dengan penghormatan anak terhadap ibu.

Akan sangat menyenangkan jika Anda bisa menjadi sahabat baginya, bertukar pendapat, berbagi kisah, dan menikmati hari bersama namun tetap dalam koridor sopan dan santun. Dengan demikian, ibu mertua akan dapat menerima Anda sebagai anaknya dengan penuh ketulusan. Ia akan mencintai Anda sebagaimana anaknya sendiri.

Utamakan Kepentingan Mertua Ketimbang Keperluan Pribadi
Mungkin ada perasaan yang wajar ketika seorang ibu cemburu saat putra terkasihnya yang sejak kecil diasuh, dirawat dan dibesarkan dengan penuh perjuangan dan pengorbanan tiba-tiba diambil oleh orang yang baru dikenal. Perhatian putranya kini terbagi. Itulah mengapa terkadang ibu mertua merasa kehilangan dan tidak senang.

Untuk mengatasi hal ini, Anda harus luas pikir dan lapang hati. Jangan kemudian ikut marah dan cemburu sehingga membuat suami bingung. Hendaknya Anda mengalah. Minta agar suami lebih dulu mengutamakan ibundanya. Penting juga selalu Anda ingat bakti anak laki-laki terhadap orangtua adalah sepanjang hayat.

Bantu suami Anda untuk menjadi anak yang berbakti terhadap orangtua. Dengan begitu, kelak Anda akan mendapat anak menantu yang baik, yang dapat mengerti dan memahami Anda sebagaimana Anda pun mengerti dan memahami ibu mertua saat ini.

Perhatikan Hal-hal yang Disukainya
Setiap orang memiliki hal-hal yang disukai. Coba perhatikan apa saja yang disukai oleh ibu mertua. Lalu sesekali penuhi apa yang disukainya.

Misalkan memasak-masakan kesukaan beliau atau saat Anda pergi keluar untuk belanja atau piknik, Anda bisa memberinya oleh-oleh yang menjadi kesukaan beliau. Tentu ibu mertua Anda akan merasa senang karena Anda perhatian padanya. Ini bisa membuat ibu mertua menerima dan menyayangi Anda. Berprinsiplah untuk mengerti daripada minta dimengerti. Jika Anda pengertian dan perhatian, tentu Anda akan dimengerti dan diperhatikan pula.

Mintalah Saran dan Nasihat
Dalam beberapa hal, libatkan ibu mertua. Mintalah saran dan nasihatnya. Orangtua akan sangat senang saat dimintai pendapat. Hal ini karena mereka merasa lebih tua dan memiliki pengalaman yang lebih dibanding Anda yang masih muda.

Meskipun mungkin saran dan nasihat beliau Anda rasa tidak cocok, untuk hal-hal yang tidak krusial sesekali Anda perlu mengikuti saran dan nasihatnya. Selain ibu mertua akan merasa tersanjung, cara ini bisa semakin mempererat hubungan Anda dengan beliau. (hijabnesia.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.