Ingin Si Kecil Ketagihan Belajar? Lakukan 3 Hal Ini!

Avatar of PortalMadura.Com
Ingin Si Kecil Ketagihan Belajar? Lakukan 3 Hal Ini!
ilustrasi

PortalMadura.Com – Dunia pendidikan sekarang membutuhkan banyak sekali inovasi dan cara mengajar yang menyenangkan setiap saat sehingga belajar dengan nyaman.

Untuk itu, agar anak ketagihan dalam belajar lakukanlah 3 hal di bawah ini.

Padukan Seni dalam Setiap Mata Pelajaran
Bentuk seni yang dimaksud bisa beragam, baik seni rupa maupun seni musik. Paduan seni rupa dalam mata pelajaran akan membantu anak yang memiliki kemampuan belajar lebih baik secara visual, misalnya dalam pelajaran sains tentang tumbuhan anak diajak untuk menggambarkan bentuk berbagai jenis tumbuhan, kemudian membuatnya lebih berwarna dengan paduan pensil berwarna. Warna daun diwarnai sesuai dengan daun, batang dibuat sesuai dengan warna aslinya, dan seterusnya.

Di awal, kita mungkin akan kesulitan, terutama menyeimbangkan anak yang bekerja cepat dengan anak yang menikmati proses saat menggambarnya. Namun, percayalah bahwa hasil yang dibuat anak akan terlihat menarik setelah disatukan dalam satu kumpulan portofolio sains dalam satu tahun pelajaran. Setelah terkumpul, bandingkan dengan lembar kerja anak yang hanya fotokopian tak berwarna. Kita pasti bisa merasakan bahwa hasilnya lebih mengasyikkan.

Buat Karya yang Berhubungan dengan Materi
Membuat karya adalah sesuatu yang menantang untuk anak-anak. Anak akan senang saat ia bisa melihat karyanya sendiri. Ia senang karena ia mampu mewujudkan, walaupun mungkin bentuknya tidak sempurna. Sangat disayangkan jika materi pelajaran berhenti di teori. Teori dan praktik harus seimbang agar memiliki pengetahuan yang utuh. Berkarya adalah salah satu bentuk praktik dari teori yang sudah didapatkannya, misalnya setelah anak mendapat materi tentang sifat bahan, akan lebih lengkap ketika anak diajak untuk berkarya dengan berbagai jenis bahan yang sudah diketahuinya dari buku. Bahan plastik, besi, kayu, dan bahan lainnya bisa kita eksplorasi dengan terlebih dahulu mengenal sifat bahannya. Sifat bahan ini ada dalam materi sains di jenjang kelas besar atau kelas 4, 5, dan 6. Dengan berkarya, anak-anak akan mengingat jenis dan sifat-sifat bahan secara langsung.

Bawa Keluar Kelas dan Lakukan Pengamatan
Terlalu lama duduk di dalam kelas akan membuat anak menjadi cepat bosan. Kebosanan anak akan ditunjukkan dengan mulai berulahnya beberapa anak, seperti mengganggu temannya, tidak bisa diam dalam jangka waktu tertentu, ataupun meminta izin bolak-balik ke kamar mandi. Kalau sudah demikian, guru harus introspeksi tentang cara mengajarnya.

Nah, itulah 3 cara mengajar yang menyenangkan yang bisa dilakukan oleh siapa pun untuk membuat anak ketagihan belajar. Percayalah bahwa setiap hal yang dilakukan secara berbeda dari kebiasaan akan membuat kesan menarik bagi siapa pun, bahkan diri sendiri. Selamat mencoba bunda!(abiummi.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.