Ingin Sukses Berkarier di Dunia Fashion? Lakukan 7 Hal Ini

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Sukses Berkarier di Dunia Fashion? Lakukan 7 Hal Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Dunia memang identik dengan dunia wanita. Berkarier di bidang ini kelihatan mengasyikkan. Namun, tidak sedikit juga orang yang meragukan berkarier di dunia ini, sebab untuk bisa berhasil tidaklah mudah.

Pasalnya, ada beberapa poin penting yang harus Anda lakukan agar bisa bekerja dan menjadi perancang busana yang handal. Anda penasaran?.

Berikut tujuh cara sukses berkarier di dunia fashion:

Perluas Wawasan tentang Kain
Sebelum benar-benar terjun ke dalam dunia fashion, Anda harus memiliki pengetahuan yang memadai mengenai jenis-jenis kain, harga kain, dan kualitasnya. Anda juga perlu mengerti bagaimana cara membedakan jenis kain yang bagus, biasa saja, sampai yang paling berkualitas rendah.

Hal ini akan sangat membantu Anda untuk mendesain baju, merancang motif ataupun menentukan harga baju yang akan Anda jual.

Datangi Acara-acara Fashion
Mungkin sedikit sulit bagi Anda untuk dapat menghadiri acara-acara pagelaran busana dari merek pakaian atau desainer ternama. Alternatifnya, Anda bisa dengan rajin mengikuti seminar-seminar tentang desain busana, fashion marketing ataupun sekadar acara sharing para desainer yang biasanya dihelat oleh majalah-majalah wanita.

Dengan begitu, Anda akan bisa memperluas koneksi melalui acara-acara tersebut, dan mencari inspirasi untuk mengembangkan ide.

Tentukan Selera Anda Sendiri
Anda harus mulai melatih kejelian dalam melihat pasar dari sekarang, jadi nanti ketika baru Anda di dunia fashion sudah dimulai, Anda tidak perlu meraba-raba lagi.

Perhatikan pula apa yang sering menjadi tren, tren apa yang sangat mudah jatuh di pasaran, ataupun warna apa yang akan populer di tahun ke depan. Jangan sampai Anda terlalu idealis dalam menentukan selera, karena bagaimanapun pasar adalah penentu keberhasilan Anda di dunia fashion ini.

Manfaatkan Media Sosial
Namanya media sosial memang ajang untuk pamer kemampuan, bakat, ataupun penampilan. Jika Anda memang suka mendesain baju, coba unggah beberapa hasil desain buatan Anda untuk mendapatkan feedback dari teman-teman Anda.

Selain itu, jika Anda memang berminat menjadi konsultan mode, mulailah mengunggah foto outfit Anda sehari-hari ke akun Instagram, Facebook, ataupun Pinterest agar orang tahu bahwa selera berpakaian Anda keren.

Coba Magang
Di dunia fashion, uang bukanlah tujuan utamanya. Reputasi dan popularitas adalah hal yang paling penting. Jadi, cobalah mencari kesempatan magang meskipun tidak dibayar, untuk membangun koneksi dan menunjukkan kualitas Anda di dunia karier yang bisa dibilang kejam ini.

Ketika nama-nama besar mulai memperhatikan karya atau kinerja Anda, mimpi Anda untuk berhasil di dunia fashion akan semakin dekat.

Bangun Koneksi
Anna Wintour dikenal sebagai salah satu sosok elit di dunia fashion yang angkuh dan pemilih dalam berteman. Anda boleh saja meniru sikap Anna ini, namun pastikan dulu Anda sudah menancapkan kaki dengan kuat di dunia pekerjaan ini.

Jika belum bisa, jadilah seramah mungkin pada orang-orang yang Anda temui dari dunia ini dan bangunlah koneksi yang solid agar bisa membantu Anda di kemudian hari.

Tentukan Tujuan Anda
Apa yang ingin Anda raih dari pekerjaan di dunia fashion?. Pakaian mahal gratisan?. Makeup keluaran terbaru dengan diskon khusus?. Karir di dunia fashion berarti lebih dari itu semua. Anda harus punya ketahanan mental, selera yang berkelas dan unik, serta tujuan yang jelas.

Nah, Jjika Anda ingin langgeng dan sukses berkarir di dunia ini, buat rancangan jangka panjang mulai dari sekarang!. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.