Ingin Tahu Julukan Pusaka Keraton Sumenep? Yuk Simak Disini!

Avatar of PortalMadura.Com
Ingin Tahu Julukan Pusaka Keraton Sumenep? Yuk Simak Disini!
Ilustrasi

PortalMadura.Com dikenal menyimpan banyak kekayaan tradisi dan budaya yang sangat menawan. Salah satunya kekayaan yang dimiliki adalah pusaka. Senjata keris pusaka di Sumenep ini terkenal berkualitas tinggi. Baik dari segi pamor, besi, bentuk, hingga yang sifatnya mistis, yakni tuahnya.

Keris pusaka di Sumenep sebagian kecil ternyata memiliki julukan atau berjuluk. Nama julukan itu biasanya disesuaikan dengan maksud pembuat pusaka atau didasarkan pada kejadian luar biasa yang disebabkan oleh pusaka tersebut.

Ada puluhan pusaka yang berjuluk, di antaranya, Nogo Besuki, Tondung Perrang, Se Dhamar, Se Serrang Lebat, dan Se Lajing, Se Saang, Se Cena Mabuk, Se Laden, Se Jarum Kerras, Se Parot, Se Sopenna, Se Sonar, Se Tambak, Se Lendhu, Se Komala, Se Megantara.

Disamping itu juga ada yang disebut Se Rendheng, Se Serang Dayu, Se Malias, Se Tamoni, Se Daddhali, Se Banjir, Se Pandita, Se Pangkat, Se Jarum Paet, Se Setan Dunnya, dan  Se Salamet atau Se Wahyuningsih.

Pusaka yang berjuluk itu jelas memiliki nilai sejarah, sekaligus nilai komersil yang lebih tinggi. (infopublik.id/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.