PortalMadura.com

Ingin Waktu Belajar Anda Tak Terabaikan Saat Sibuk? Ini 4 Tipsnya

  • Jumat, 19 Mei 2017 | 07:00
Ingin Waktu Belajar Anda Tak Terabaikan Saat Sibuk? Ini 4 Tipsnya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi seorang mahasiswa sering kali merasa kewalahan dengan jadwal kegiatan sehari-hari yang super padat. Dari mulai kuliah, kegiatan organisasi serta banyaknya tugas yang membuat Anda merasa capek dan bosan. Belum lagi Anda harus meluangkan waktu untuk bergaul dengan teman-teman, berkumpul dengan keluarga serta menyalurkan hobi yang Anda punya sehingga waktu belajarpun menjadi terabaikan.

Oleh sebab itu, Anda harus belajar dalam mengelola waktu dengan baik. Karena, manajemen waktu tersebut sangat berpengaruh pada kualitas hidup Anda. Jadi, mulailah membagi waktu Anda untuk belajar agar Anda lebih mudah mendapatkan nilai yang memuaskan.

Berikut empat cara mengatur waktu untuk belajar di sela kesibukan sehari-hari:

Berikan Usaha Ekstra
Hampir semua dosen akan memberikan nilai pada usaha lebih yang diberikan. Jika Anda ingin mendapatkan nilai yang baik atau meningkatkan nilai maka coba untuk membicarakan hal ini secara pribadi dengan dosen.

Tanyakan apakah Anda bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan ekstra untuk mendapatkan nilai lebih. Anda bisa melakukan hal ini pada kelas-kelas yang menurut Anda paling sulit dibandingkan kelas-kelas lainnya.

Berhenti Melakukan Hobi
Terkadang untuk mendapatkan nilai yang memuaskan, Anda harus mengorbankan beberapa aktivitas yang disukai. Jika Anda memiliki jadwal kuliah yang sangat sibuk, maka harus merelakan beberapa aktivitas yang Anda disukai seperti bermain musik, bermain basket, menonton drama korea, atau apa pun itu.

Jangan terlalu menyibukkan diri sehingga hal tersebut bisa membuat Anda kewalahan sendiri. Prioritaskan apa yang menurut Anda paling penting yakni target nilai yang bagus. Dengan kata lain, sediakan waktu Anda untuk belajar.

Diskusikan dengan Dosen
Dosen juga manusia, siapa tahu jika Anda ingin bekerja keras dan mendapat nilai baik, maka mereka akan membantu karena ketika mahasiswa berprestasi, dosen juga terkesan sukses dalam mendidik. Jangan malu berdiskusi dengan mereka, siapa tahu mereka dapat membantu Anda.

Menciptakan hubungan baik dengan dosen sebagaimana telah disebutkan di atas, adalah hal yang penting untuk meningkatkan nilai akademis sebaik mungkin. Kebanyakan dosen memiliki jam diskusi, gunakanlah untuk membahas tentang masalah seputar materi perkuliahan terkait.

Jika Anda menunjukkan potensi yang baik dalam bidang akademik, mungkin saja mereka akan merekomendasikan Anda pada kelas lain, atau merekomendasikan hal-hal seputar beasiswa dan sebagainya.

Cari Tutor
Meskipun Anda sudah belajar dengan tekun, terkadang terdapat materi yang sulit dan susah dimengerti. Mungkin Anda membutuhkan seorang tutor untuk membantu Anda belajar. Kebanyakan institusi pendidikan memiliki program pendampingan untuk membantu para mahasiswa yang membutuhkan dan memberikan beasiswa/penghargaan bagi mereka yang bersedia menjadi tutor.

Jangan malu untuk meminta bantuan tutor, bahkan mahasiswa yang sangat pintar sekalipun meminta bantuan tutor agar mereka bisa lebih pintar lagi. (merdeka.com/Lala)

Advertisement
Iklan Murah
Loading...
BAZNAS sumenep
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional