PortalMadura.com

Ini 10 Tips Jitu Hadapi Remaja Pemberontak

  • Selasa, 29 November 2016 | 07:00
Ini 10 Tips Jitu Hadapi Remaja Pemberontak
ilustrasi

PortalMadura.Com – Masa remaja akan membuat para orangtua semakin susah untuk mendidik putra-putrinya. Pasalnya, pada saat itu kehidupan remaja dapat terasa begitu menyiksa serta membingungkan.

Untuk itu, diperlukan kepercayaan bagi mereka dalam membangun hubungan dengan anak remajanya. Karena, remaja cenderung punya sifat memberontak akibat frustrasi yang menumpuk. Sebagai orang tua, Anda harus dapat menghadapi anak pemberontak dengan baik dan bijaksana.

Berikut sepuluh cara menghadapi remaja pemberontak:

Jangan Berusaha Menjadi Teman
Kebanyakan remaja sering mencurahkan isi hatinya pada teman daripada orang tua. Sebab mereka merasa teman sebaya lebih memahami perasaannya. Oleh sebab itu, orang tua sebaiknya tidak berusaha keras menjadi teman anaknya. Lakukan saja tugas sebagai orang tua sebagaimana mestinya.

Rasional
Orang tua kerap berpikir bahwa anak perlu dihukum saat berbuat salah. Padahal penting bagi orang tua untuk tetap bersikap rasional dan mengeluarkan kata-kata serta tindakan yang sesuai. Coba pahami kondisi mental anak berdasarkan sudut pandang lain agar tidak terkesan menghakimi remaja yang pemberontak.

Jangan Ragu
Jika Anda telah memutuskan suatu hukuman, jangan mengubah atau menambahkannya lagi. Tunjukkan sikap tegas pada anak yang suka memberontak. Sebab jika Anda kerap berubah pikiran, anak akan menganggap orang tuanya tidak pernah serius.

loading...

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional