Ini 3 Amalan di Malam Jumat yang Perlu Umat Muslim Kerjakan

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 3 Amalan di Malam Jumat yang Perlu Umat Muslim Kerjakan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Hari Jumat merupakan hari yang istimewa bagi pengikut Rasulullah. Sebab, banyak keutamaan di hari tersebut dibanding dengan hari lainnya. Selain itu, bukan hanya di hari itu saja, malam Jumat pun banyak kebaikan-kebaikan yang Allah SWT limpahkan pada hamba-Nya.

Akan tetapi, kebaikan ini tidak akan mudah didapatkan umat muslim kecuali mau berusaha dengan beribadah secara maksimal kepada Allah. Oleh karena itu, umat Islam harus melakukan beberapa amalan di malam Jumat agar ibadahnya semakin bagus di mata Allah.

Berikut tiga amalan yang harus dilakukan umat muslim di malam Jumat:

Memperbanyak Selawat
Amalan yang sebaiknya dilakukan pada malam Jumat, yaitu memperbanyak selawat kepada Rasulullah.

“Diriwayatkan dari Aws bin Aws, Rasulullah bersabda: Sesungguhnya hari yang paling mulia bagi kalian adalah hari Jumat. Pada hari itu Nabi Adam AS diciptakan, di hari itu ditiupkan ruh, dan pada hari itu dilaksanakan siksaan. Karena itu maka perbanyaklah membaca selawat kepadaku. Sebab selawat yang kamu baca pada hari itu akan didatangkan kepadaku. Lalu salah seorang sahabat bertanya : ‘Wahai Rasulullah bagaimana mungkin selawat yang kami baca itu bisa dihadapkan kepadamu, padahal engkau telah hancur dimakan bumi?’ Rasulullah menjawab: Sesungguhnya Allah SWT mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi-Nya,” (HR Ibnu Majah, 1075).

Sebenarnya, berbagai manfaat bisa Anda dapatkan dari membaca selawat kepada Rasulullah, di antaranya: Mempermudah doa diijabah.“Setiap doa akan terhalang (untuk dikabulkan) hingga dibacakan selawat kepada Muhammad dan keluarganya,” (HR Thabrani). Djanjikan juga pahala berlipat. Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang berselawat kepadaku sekali, maka Allah akan berselawat untuknya sepuluh kali,” (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).

Dikumpulkan di surga bersama Rasulullah. Sebagaimana sabda Rasulullah: “Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca selawat kepadaku,” (HR Tirmidzi).

Bahkan akan mendapatkan syafaat Rasulullah. Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya orang yang berselawat kepadaku sekali, maka Allah akan berselawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat,” (HR Muslim).

Membaca Surah Al-Kahfi
Seperti yang Anda ketahui, membaca surah Al-Kahfi merupakan salah satu amalan yang sunah dilakukan pada malam dan hari Jumat. Jika Anda membaca surah ini, banyak manfaat yang akan Anda dapat, di antaranya:

“Barangsiapa membaca surah Al-Kahfi pada malam Jumat, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq” (HR Al-Hakim).

“Barang siapa membaca Surah Al-Kahfi pada hari Jumat, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya,” (HR-Dailami).

“Siapa yang membaca dari Surah Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya dan siapa yang membaca keseluruhannya, maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi,” (HR Ahmad).

Memperbanyak Doa
Khusus di hari Jumat, Allah memberi waktu yang mustajab untuk berdoa. Karena waktunya dirahasiakan, maka Anda disarankan untuk memperbanyak doa sepanjang malam dan selama hari Jumat. Siapa yang tahu jika doa Anda yang kesekian ini akan diijabah oleh Allah bukan?.

Subhanallah (Maha Besar Allah), begitu mudahnya Allah memberikan pahala kepada hamba-Nya yang mau berusaha. Semoga Anda dikategorikan hamba-Nya yang beriman dan bisa berkumpul bersama di akhirat nanti. Aamiin. Wallahu a’lam. (ummi-online.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.