Ini 3 Cara Jadi Remaja yang Sabar Ala Rasulullah

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 3 Cara Jadi Remaja yang Sabar Ala Rasulullah
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sabar merupakan hal yang paling mudah dikatakan dan sulit diterapkan, apalagi bagi kaum remaja. Sebab, pada fase tersebut gejolak jiwa mereka sangat rentan emosi ketika sedang menghadapi masalah. Mereka belum mampu mengelola emosi dengan baik dan benar.

Bahkan, saat ini sudah banyak remaja yang berani adu argumentasi dengan orangtua hanya karena kesalahpahaman. Padahal, telah mencontohkan bagaimana menjadi pribadi yang sabar dan patuh terhadap orangtua.

Sebagaimana yang disebutkan dalam Al quran (33:21), Rasulullah membawa kedamaian, berkah, dan beserta isinya, adalah role model yang indah bagi umat Islam. Oleh sebab itu, cotohlah bagaimana Rasulullah menjadi pribadi yang sabar.

Berikut tiga cara menjadi remaja yang sabar seperti Rasulullah:

Kelola Amarah Seperti Rasulullah
Ajarkan kepada anak remaja Anda mencontoh Rasulullah mengendalikan amarah. Mudahnya mengendalikan amarah hanya berkisar antara berdiri kemudian duduk. Kemudian ucapkan: ”Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk”.

Memberi Makan Orang Kelaparan
Memberi makan yang kelaparan adalah salah satu tugas rutin Rasulullah, sekali pun saat ia dan sahabatnya menderita kelaparan tidak tertahankan. Cobalah lakukan hal ini, memberi makan orang yang kelaparan di sekitar rumah Anda. Dengan cara ini, Anda akan lebih banyak beryukur sehingga tidak mudah marah.

Pikirkan apa yang Rasulullah Pikirkan
Setiap orang butuh melihat orang lain untuk dicontoh. Perbaiki pikiran Anda ketika ingin marah. Pikir apa yang akan Rasulullah lakukan ketika menghadapi situasi seperti Anda. Dengan begitu, Anda akan berpikir dua kali ketika akan marah. (okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.