Ini 3 Faktor yang Bisa Bikin Oli Rusak, Apa Saja?

Avatar of PortalMadura.com
Ini 3 Faktor yang Bisa Bikin Oli Rusak, Apa Saja?
ilustrasi

PortalMadura.Com – Masih banyak orang yang beranggapan bahwa yang sudah lama tidak terpakai akan memengaruhi umur oli itu, yang disebut basi atau kedaluwarsa. Pada dasarnya oli tidak bisa basi, tetapi rusak.

Sebenarnya, rusaknya oli diakibatkan beberapa faktor. Lantas faktor apa saja yang dapat merusak keefektifan oli?.

Menurut plant director MPM lubricants, Ari Sutanto, ada beberapa faktor yang membuat . Faktor pertama adalah akibat oli sudah terkontaminasi dengan udara. Jika udara masuk ke dalam botol oli, maka hal itu dapat merusak oli.

“Sejauh shield-nya rapat dan tidak masuk vakum, karena udara kita lembap, sehingga mengandung air. Kalau sudah terbuka otomatis dia meng-absorb udara, nah itu yang buat rusak,” ujarnya.

Kemudian yang kedua, yaitu dari segi pencampuran saat proses pembuatan oli itu dilakukan. Jika cara dan penerapannya benar akan memengaruhi kekuatan oli dari kerusakan.

“Tergantung saat blending-nya itu bagus atau tidak. Kalau sudah bagus dia tidak akan terjadi endapan, tetap stabil,” tuturnya.

Terakhir, lanjut Ari, oli bekas juga memengaruhi keefektifan oli tersebut. “Sejauh dia tidak dimasukkan ke dalam mesin,” tutupnya. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.