Ini 3 Tips Mudah Transfer Foto dari DSLR ke Smartphone

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 3 Tips Mudah Transfer Foto dari DSLR ke Smartphone
ilustrasi (okezone.com)

PortalMadura.Com – Bila Anda masih menggunakan kamera DSLR untuk mengabadikan momen-momen penting Anda. Kini, ada langkah mudah mentransfer foto ke Anda tanpa perlu memindahkan sementara ke komputer.

Bagi sebagian orang, hal ini sangat penting mengingat masih ada kebutuhan terhadap kualitas foto yang berkualitas tinggi.

Berikut tiga tips melakukan transfer foto dari DSLR ke smartphone:

Nirkabel (Wireless)
Kebanyakan kamera-kamera keluaran sekarang sudah dilengkapi dengan fitur transfer nirkabel atau tanpa kabel. Jadi, Anda memerlukan koneksi Wi-Fi di sekitar Anda.

Nyalakan fitur Wi-Fi di kamera DSLR dan sambungkan ke koneksi jaringan Anda. Anda harus mengaktifkan fitur hotspot. Lalu akan ada aplikasi pendamping dari kamera DSLR yang akan muncul di smartphone Anda.

Aplikasi ini akan menampilkan foto yang ada di kamera DSLR dan dapat Anda unduh untuk disimpan di ponsel. Salah satu merek yang memiliki fitur ini adalah Panasonic Lumix GH4 I. Ini kompatibel untuk Android dan iOS.

SD Card Nirkabel
Apabila kamera Anda tidak memiliki fitur di atas, jangan khawatir. Ada cara lain yang dapat dilakukan, yakni memakai SD Card nirkabel di kamera DSLR. Begitu tersambung dengan koneksi jaringan, Anda langsung dapat memindahkan foto-foto atau video ke ponsel Anda.

Beberapa merek yang memiliki produk semacam ini antara lain Sandisk, yang memiliki kapasitas memori 32GB. Produk ini bisa Anda temukan di banyak toko aksesori gadget.

Transfer dari DSLR ke Android dan iOS
Bagaimana jika dua cara di atas sama sekali tidak mendukung kamera DSLR?. Masih ada cara lainnya, yaitu kabel adapter. Alat ini mungkin bisa menjadi referensi Anda yang lebih cenderung perangkat fisik. Dan Anda tidak perlu bingung soal koneksi karena teknologi kabel lebih cepat.

a. Android
Bagi pengguna Android, Anda membutuhkan adapter USB On the Go (OTG) dan SD Card untuk disematkan ke OTG. Anda juga membutuhkan USB connector untuk kamera. Baru lah, colok kabel OTG ke perangkat Android dan sambungkan USB Connector kamera ke adapter OTG Android Anda.

Setelah itu, notifikasi akan muncul di layar ponsel Anda yang menampilkan ‘Touch' untuk melihat opsi lainnya.

Apabila layar jendela muncul, pilih Photo transfer (PTP) -> Explore. Anda dengan leluasa dapat melihat seluruh gambar yang tersimpan di SD Card DSLR untuk dipindahkan ke perangkat Android.

b. iPhone/iPad
Pengguna perangkat berbasis iOS dapat menggunakan SD Card reader untuk mengimpor foto dan video langsung dari SD Card. Untuk itu, Anda membutuhkan Lightning (colokan iPhone/iPad) original untuk disambungkan ke adapter USB kamera, dan USB hub untuk adapter USB 3 kamera.

Adapun cara untuk mengimpor, antara lain:
1. Colok Lightning pada USB atau Lightning pada adapter USB 3 ke iPhone or iPad.

2. Jika Anda menggunakan Lightning ke adapter USB, sematkan USB hub ke adapter dan colok ke listrik.

3. Namun, jika Anda memakai Lightning ke USB 3, sambungkan adapter ke listrik menggunakan port Lightning.

4. Buka kunci perangkat iOS Anda dan sambungkan SD Card ke Lightning, lalu ke adapter USB 3 atau USB hub.

5. Dalam beberapa saat, aplikasi Photos akan muncul dan menampilkan konten di SD Card. Anda dapat mengimpor atau menghapusnya. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.