Ini 4 Ketentuan Bagi Wanita yang Ingin Percantik Gigi Dalam Islam

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 4 Ketentuan Bagi Wanita yang Ingin Percantik Gigi Dalam Islam
ilustrasi

PortalMadura. Com – Saat ini sudah menjadi trend fashion mempercantik dan memperindah gigi, terutama kaum wanita. Misalnya, pemakaian kawat gigi atau behel. Lantas, bagaimana hukumnya dalam ?.

Dalam Islam, mengubah ciptaan Allah semata-mata demi terlihat cantik adalah haram hukumnya. Oleh karena itu, terdapat beberapa ketentuan dalam Islam jika ingin melakukan perubahan terhadap gigi Anda.

Berikut empat ketentuan yang perlu Anda ketahui jika ingin melakukan perubahan terhadap gigi Anda:

Memasang Gigi Palsu
Seseorang yang berada dalam keadaan terluka atau kehilangan giginya, menyebabkan sulit untuk mengunyah dan menggigit makanan. Maka dalam hal ini ia diperbolehkan memasang gigi palsu.

Sebagaimana sabda Rasulullah: “Berobatlah wahai hamba Allah, karena sesungguhnya Allah tidak menciptakan penyakit melainkan telah menciptakan pula obatnya, kecuali satu penyakit yaitu tua,” (HR.Ahmad, Abu Daud dan Tirmizi).

Terdapat dalam hadis, sebuah kisah yaitu kakek dari Arfajah bin As'Ad terluka pada hidungnya ketika perang: “Bahwa hidung beliau terkena senjata pada perang Al Qulam di zaman Jahiliyah, kemudian beliau tambal dengan perak, namun hidungnya malah membusuk, kemudian Rasulullah memerintahkan untuk menggunakan tambal hidung dari emas,” (HR.Abu Daud & Tirmizi).

Namun, ada sebagian orang yang memasang gigi palsu dari bahan emas. Dalam Islam hal ini tidak diperbolehkan. Misalnya, seseorang tersebut meninggal dunia dalam keadaan memasang gigi palsu emas, terdapat beberapa pendapat dalam pandangan hukum Islam itu sendiri.

Beberapa pendapat mengatakan bahwa gigi palsu tersebut ikut dikuburkan bersama jenazahnya, maka hal itu merupakan perbuatan yang mubazir atau menyia-nyiakan rezeki Allah, karena emas itu bisa saja berguna untuk orang yang masih hidup.

Sementara pendapat lain mengatakan, jika emas itu ikut dikubur maka nantinya akan mengundang kejahatan, maka lebih baik jika gigi emas itu dicabut.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.