Ini 4 Penyebab Bibir Kering Menurut Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin

Avatar of PortalMadura.com
Ini 4 Penyebab Bibir Kering Menurut Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mengalami tentu menjadi permasalahan serius yang perlu penanganan cepat, khususnya bagi para wanita. Pasalnya, bibir kering bisa merusak penampilan. Pemakaian lipstik pun tidak akan merata secara maksimal.

Penyebab bibir kering ini tidak hanya disebabkan oleh faktor lingkungan, seperti terekspos cuaca yang sangat panas atau berada di dalam ruangan ber-AC. Tapi juga banyak faktor lain yang dapat mengakibatkan problem bibir di luar lingkungan.

Berikut empat penyebab bibir kering menurut dokter spesialis kulit dan kelamin, Tjut Nurul Alam Jacoeb:

Lipstik
Dengan pulasan rona lipstik, bibir memang tampak lebih atraktif. Namun bukan berarti Anda bebas dari masalah bibir kering. “Mau sebagus apapun lisptiknya, tetap mengandung zat pewarna. Zat pewarna itulah yang bisa membuat bibir kering,” ujar dr. Poppy, begitu sapaan akrabnya.

Pasta Gigi
Pasta gigi mendatangkan manfaat untuk gigi, tapi berisiko merusak lapisan bibir. “Semakin banyak busanya, semakin membahayakan bibir,” tuturnya.

Busa yang berlebihan menandakan tingginya kandungan asam yang menjadi sumber penyabab bibir kering. Oleh karena itu, saran Poppy, gunakan pasta gigi dengan kandungan pH yang rendah.

Liur
Tanpa disadari Anda senang membasahi bibir dengan liur menggunakan lidah. Tapi bila Anda terlalu sering melakukannya, bibir akan mengering. “Air liur mengandung enzim yang bisa menghancurkan lapisan pelindung bibir,” ujarnya.

Merokok
Di luar gangguan jantung dan kanker, merokok juga berdampak buruk bagi kesehatan bibir. Kandungan nikotinnya dapat membuat bibir kering. Mau punya bibir yang sehat dan lembap?. Berhentilah Anda merokok. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.