Ini 4 Sayuran yang Lebih Baik Dimasak Dahulu Daripada Dimakan Mentah

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 4 Sayuran yang Lebih Baik Dimasak Dahulu Daripada Dimakan Mentah
ilustrasi

PortalMadura.Com – Nutrisi utuh sangat dibutuhkan untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hal itu bisa didapat salah satunya dari sayur yang dikonsumsi secara . Sebab makanan yang tanpa melalui proses pemasakan diyakini lebih terjaga kandungan nutrisi di dalamnya.

Namun, tidak semua jenis sayur bisa dikonsumsi mentah. Ada beberapa sayuran yang malah sebaiknya harus dimasak terlebih dahulu daripada dimakan mentah. Apa saja?

Berikut ini penjelasannya:

Wortel
Konsumsi wortel mentah, terutama yang berjenis baby carrot tidak diragukan lagi akan keenakan rasanya. Namun menurut penelitian yang diterbitkan di Journal of Agriculture and Food Chemistry tahun 2008 menyebutkan bahwa memasak wortel akan lebih bisa mengawetkan kandungan zat antioksidan di dalam wortel.

Selain itu, proses pemasakkan juga bisa meningkatkan kandungan beta karoten pada wortel.

Zucchini
Zucchini memiliki tekstur yang mirip dengan mentimun. Penelitian menemukan bahwa sama seperti wortel, proses memasak zucchini justru bisa mengawetkan kandungan zat antioksidan di dalamnya.

Brokoli
Brokoli memiliki efek super sehat untuk mencegah kanker. Penelitian di tahun 2008 menemukan efek dari proses memasak brokoli pada kandungan karotenoid di dalamnya. Hasilnya, proses pemasakkan ini membuat brokoli lebih aman untuk dikonsumsi. Serta disarankan agar Anda memasak brokoli dengan cara dikukus daripada direbus.

Tomat
Tomat mengandung senyawa sehat bernama lycopene. Senyawa ini bagus untuk mendukung kesehatan jantung serta mencegah kanker. Daripada dikonsumsi mentah, Anda lebih bisa mendapatkan manfaat sehatnya dengan memasak tomat terlebih dahulu. (merdeka.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.