Ini 5 Cara Jitu Bikin WiFi Anda Aman dari Pembajakan

Avatar of PortalMadura.com
Ini 5 Cara Jitu Bikin WiFi Anda Aman dari Pembajakan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu WiFi yang bisa Anda rasakan yaitu bisa menghemat kuota dan berbagi akses dengan orang terdekat. Oleh karena itu, sebagian besar orang memiliki WiFi di rumah. Namun Anda pasti tidak ingin jika orang yang tidak dikenal membajak WiFi Anda bukan?.

Orang tersebut tidak hanya dapat akses internet cuma-cuma. Lebih dari itu, mereka bisa mengintip hasil browsing dan data Anda. Tapi jangan khawatir, ada lima hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hal itu terjadi.

Berikut ini ulasannya:

Rutin Mengganti Password WiFi
Ini adalah cara yang paling sederhana untuk mengamankan WiFi. Anda bisa melakukannya melalui pengaturan router. Biasanya, ada panduan untuk mengubah kata sandi di tiap router.

Pilihlah kata sandi yang mudah diingat, tapi cukup sulit dibajak. Lebih baik lagi menggunakan gabungan huruf kecil, kapital, dan angka. Meskipun agak merepotkan, tapi lebih baik mencegah daripada memperbaiki, bukan?

Cek Pengguna WiFi
Setelah mengubah kata sandi WiFi, beberapa pengaturan lain perlu dilihat. Di laman pengaturan, biasanya terdapat daftar siapa saja yang sedang menggunakan WiFi Anda. Jika ada gawai asing, Anda perlu mewaspadainya.

Gunakan Aplikasi untuk Memantau
Ada tips tambahan, yaitu menggunakan aplikasi. Misalnya saja Fing yang tersedia untuk Android dan iOS. Untuk pengguna Windows bisa gunakan Acrylic WiFi, sedangkan untuk macOS, gunakan Who Is On My WiFi.

Semua aplikasi di atas tersedia secara gratis dan membantu Anda memantau jaringan WiFi. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.