Ini 5 Kebiasaan Penyebab Munculnya Varises yang Tak Anda Sadari

Avatar of PortalMadura.com
Ini 5 Kebiasaan Penyebab Munculnya Varises yang Tak Anda Sadari
ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan suatu kondisi di mana urat nadi halus pada bagian kaki melebar atau terbelit, sehingga dapat menimbulkan rasa sakit sewaktu-waktu.

Bahkan, varises yang terjadi akibat pembuluh darah yang muncul ke permukaan kulit bisa menjadi hal yang tidak sedap untuk dipandang, khususnya bagi para wanita. Maka dari itu, mereka perlu menghindari beberapa kebiasaan yang bisa memancing munculnya varises.

Berikut lima kebiasaan yang perlu Anda hindari:

Berdiri Berjam-jam
Tuntutan pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk berdiri lama bisa menyebabkan varises. Sebab, berdiri dalam waktu lama akan membuat Anda menempatkan berat badan hanya di 1 tempat saja. Hal ini menyebabkan darah berkumpul dan melemahkan pembuluh darah hingga akhirnya muncul varises.

Duduk Lama
Selain berdiri, duduk berjam-jam juga memberikan efek yang sama. Penyebabnya karena saat duduk, Anda berada di posisi yang sama pula. Oleh karena itu, sebaiknya Anda variasikan dengan gerakan lain saat Anda duduk terlalu lama.

Memakai Sepatu Hak Tinggi
Berjalan atau berdiri dengan sepatu hak tinggi membuat aliran darah berhenti di betis. Hal ini menyebabkan stagnansi dan pembuluh darah membesar. Varises pun muncul karenanya.

Konsumsi Makanan Tinggi Garam
Mengonsumsi makanan yang tinggi garam menyebabkan retensi air yang tinggi di tubuh. Hal ini akan meningkatkan tekanan di pembuluh darah, membuatnya jadi besar, dan berkembang jadi varises.

Menyilangkan Kaki
Duduk dengan menyilangkan kaki akan memberikan tekanan di pinggul. Hal ini membuat pembuluh darah membesar dan akhirnya berkembang menjadi spider veins.

Sebenarnya, varises memang bukan penyakit berbahaya. Namun bisa merusak penampilan dan berkembang menjadi masalah kesehatan yang lebih parah di kemudian hari. Oleh karena itu, sebaiknya jauhi beberapa faktor di atas yang bisa membuat Anda mengalami varises. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.