PortalMadura.com

Ini 5 Penyebab Motor Boros Bensin Yang Patut Anda Perhatikan

  • Minggu, 20 November 2016 | 15:00
Ini 5 Penyebab Motor Boros Bensin Yang Patut Anda Perhatikan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Memiliki motor dengan performa bagus dan irit bahan bakar menjadi idaman setiap orang. Pasalnya, selain lebih hemat biaya, ternyata motor irit BBM lebih ramah terhadap lingkungan.

Sebenarnya, banyak cara yang dapat ditempuh para pemilik motor agar kendaraan yang digunakannya tetap irit. Salah satunya, memburu informasi mengenai apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan agar motor kesayangannya tetap irit bensin.

Menurut kepala mekanik Aneka Mitra Bengkel, di daerah Kebon Pisang, Jakarta Barat, Acin, membagi tips yang dapat diperhatikan para bikers agar motornya tetap irit.

Berikut lima penyebab motor Anda boros bensin yang patut diperhatikan:

Karburator Kotor
Bahan bakar di pom bensin dinilai tidak dapat terjamin kebersihannya. Sehingga dimungkinkan jika bensin akan mengganggu kinerja karborator menjadi tidak maksimal. Alhasil, pembakarannya pun bakal kurang maksimal.

Rantai Kendur
Rantai yang kendur biasanya membuat penyaluran tenaga dari mesin ke roda akan terhambat, sehingga menyebabkan tarikan semakin berat dan membutuhkan tenaga yang lebih besar. Tidak heran jika kemudian motor itu membutuhkan energi tambahan yang diambil dari bensin yang boros.

Klep Bocor
Penyetelan klep motor sangat dibutuhkan. Sebab, klep adalah salah satu penyebab konsumsi bensin boros atau tidak. Apalagi kalau klepnya bocor, tentu memengaruhi konsumsinya.

Tuas Gas Seret
Bila tuas atau kabel gas tidak lancar (seret) saat ditarik, pergerakan skep di karburator juga akan terhambat, sehingga saat tuas gas ditarik dan dilepas, skep tidak bekerja sempurna karena kecepatannya terhambat oleh kawat yang seret karena kotor. Kondisi ini juga akan membuat boros konsumsi bahan bakar.

Perilaku Pengendara
Perilaku pengendara juga menyumbang peran besar dalam konsumsi bahan bakar sebuah motor. Jika si pengendara melakukan aksi agresif di jalan dan kerap bermanuver dengan kecepatan tinggi hal itu akan memengaruhi konsumsi bahan bakarnya. (viva.co.id/Salimah)

loading...
Berita Pilihan

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional