Ini 5 Penyebab Motor Boros Bensin Yang Patut Anda Perhatikan

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 5 Penyebab Motor Boros Bensin Yang Patut Anda Perhatikan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Memiliki motor dengan performa bagus dan irit bahan bakar menjadi idaman setiap orang. Pasalnya, selain lebih hemat biaya, ternyata motor irit BBM lebih ramah terhadap lingkungan.

Sebenarnya, banyak cara yang dapat ditempuh para pemilik motor agar kendaraan yang digunakannya tetap irit. Salah satunya, memburu informasi mengenai apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan agar motor kesayangannya tetap irit bensin.

Menurut kepala mekanik Aneka Mitra Bengkel, di daerah Kebon Pisang, Jakarta Barat, Acin, membagi yang dapat diperhatikan para bikers agar motornya tetap irit.

Berikut lima penyebab motor Anda yang patut diperhatikan:

Karburator Kotor
Bahan bakar di pom bensin dinilai tidak dapat terjamin kebersihannya. Sehingga dimungkinkan jika bensin akan mengganggu kinerja karborator menjadi tidak maksimal. Alhasil, pembakarannya pun bakal kurang maksimal.

Rantai Kendur
Rantai yang kendur biasanya membuat penyaluran tenaga dari mesin ke roda akan terhambat, sehingga menyebabkan tarikan semakin berat dan membutuhkan tenaga yang lebih besar. Tidak heran jika kemudian motor itu membutuhkan energi tambahan yang diambil dari bensin yang boros.

Klep Bocor
Penyetelan klep motor sangat dibutuhkan. Sebab, klep adalah salah satu penyebab konsumsi bensin boros atau tidak. Apalagi kalau klepnya bocor, tentu memengaruhi konsumsinya.

Tuas Gas Seret
Bila tuas atau kabel gas tidak lancar (seret) saat ditarik, pergerakan skep di karburator juga akan terhambat, sehingga saat tuas gas ditarik dan dilepas, skep tidak bekerja sempurna karena kecepatannya terhambat oleh kawat yang seret karena kotor. Kondisi ini juga akan membuat boros konsumsi bahan bakar.

Perilaku Pengendara
Perilaku pengendara juga menyumbang peran besar dalam konsumsi bahan bakar sebuah motor. Jika si pengendara melakukan aksi agresif di jalan dan kerap bermanuver dengan kecepatan tinggi hal itu akan memengaruhi konsumsi bahan bakarnya. (viva.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.