PortalMadura.com

Ini 5 Tips Jitu Hadapi Masalah di Kantor

  • Rabu, 19 April 2017 | 13:00
Ini 5 Tips Jitu Hadapi Masalah di Kantor
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orang yang pernah menjadi karyawan di suatu perusahaan tentu setuju bahwa tidak ada pekerjaan yang mulus tanpa masalah. Misalnya, ada anggapan bahwa Anda tidak berguna dan tidak diinginkan, atau bagaimana menghadapi penolakan menyakitkan terhadap konsep program yang sudah Anda susun dengan susah payah.

Sebaiknya, Anda jangan biarkan konflik itu berlarut-larut. Masalah yang belum diselesaikan akan berdampak negatif seperti hilangnya semangat kerja, dan menimbulkan emosi yang tinggi, bahkan depresi. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?.

Berikut lima cara menghadapi tantangan dalam kehidupan di kantor, agar Anda tidak stres dan menjadi korban kepentingan orang lain:

Jangan Membuat Kesimpulan Berdasarkan Perkataan Orang Lain
Hal ini bisa mengacaukan pekerjaan maupun hubungan Anda dengan rekan kerja. Meskipun Anda begitu yakin dengan apa yang dipikirkan orang lain, cara terbaik untuk memastikan pekerjaan berjalan lancar adalah dengan bertanya secara langsung atau meminta konfirmasi lebih dulu.

Balikkan Kritikan yang Dikirimkan pada Anda
Buktikan bahwa kritikan atau teguran yang diberikan oleh rekan kerja Anda tidak mendasar. Misalnya dengan mengatakan, “Aku ingin tahu apa yang membuat kamu menganggapku seperti itu”.

Advertisement
Iklan Murah

Hal ini lebih baik dibandingkan menyerangnya kembali. Dengan demikian, Anda menjadi tahu bagaimana pandangan orang lain terhadap diri Anda, sehingga mungkin Anda justru dapat memperbaiki bagaimana cara Anda mempresentasikan diri dengan lebih baik.

Jangan Berpihak saat Terjadi Politik Kantor
Politik kantor menjadi cara bagi sebagian orang untuk melindungi kepentingan mereka. Bila hal ini terjadi, sebaiknya bersikaplah netral, dengan tidak membela salah satu pihak yang berseteru.

Tetaplah fokus pada kepentingan kantor, supaya Anda bisa mencari jalan keluar yang obyektif.

Jangan ‘Meledak’ di Depan Orang Lain
Mungkin Anda selama ini menahan diri saat ada orang yang menjelek-jelekan Anda atau atasan memberikan tugas tambahan, di mana seharusnya itu bukan pekerjaan Anda karena yang lain menolak.

Lebih baik, ambil nafas panjang-panjang dan tenangkan diri Anda. Anda akan mampu membuat pilihan yang lebih baik ketika pikiran Anda tetap tenang.

Anggap Atasan Anda Sebagai Seorang Pelanggan
Tunjukan kemampuan terbaik Anda di depan atasan Anda. Jaga hubungan baik dengan atasan, namun tetaplah menjaga jarak agar tetap dapat memandang persoalan secara obyektif. (suara.com/Salimah)

Advertisement
Iklan Murah
Iklan Murah
Iklan Murah
Iklan Murah
Iklan Murah
Iklan Murah
Iklan Murah
Iklan Murah
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional