PortalMadura.com

Ini 6 Tips Mudah Menghafal Alquran Menurut Seorang Hafiz Internasional

  • Senin, 14 November 2016 | 17:00
Ini 6 Tips Mudah Menghafal Alquran Menurut Seorang Hafiz Internasional
ilustrasi

Portalmadura.Com – Menghafal Alquran merupakan perbuatan yang sangat mulia dan sudah dijanjikan Surga oleh Allah SWT. Setiap umat Islam tentu memiliki keinginan untuk menjadi penghafal Alquran. Namun, untuk dapat menghafalnya perlu metode khusus agar mudah dan cepat.

Seorang hafiz Internasional asal Amerika, Fatih Seferagic, berbagi tips atau cara menghafal Alquran yang efektif.

Berikut enam cara menghafal Alquran menurut Fatih Seferagic:

Memiliki Seorang Guru
Hal yang sangat mendasar untuk menghafal Alquran, yaitu harus memiliki seorang guru. Nantinya guru bisa mengetahui mana kekuatan dan kelemahan muridnya. Selain itu, metode yang diterapkan untuk setiap orang tentu berbeda-beda.

Bahkan, peran guru sangat besar pengaruhnya. Guru yang baik sangat merancang tantangan untuk membuat muridnya menjadi lebih meningkat. Namun, hal itu juga disesuaikan dengan kemampuan muridnya agar tidak mengalami frustasi.

Konsisten dan Penyabar
Kecepatan mengahafal setiap orang pasti berbeda, sehingga jangan sampai target menghafal menjadi beban. Selain itu, jangan paksakan menghafal di awal karena bisa-bisa kesabaran untuk tetap konsisten menjadi surut. Akan lebih baik jika dilakukan sedikit demi sedikit.

Pilih Surah Favorit
Fatih menekankan agar setiap orang memiliki surah yang dianggap sebagai favorit atau yang sekiranya dianggap mudah dan isinya berkesan. Fatih sendiri menfavoritkan surah Yusuf, karena selain isinya yang mendalam, surah tersebut juga merupakan surah yang pertama ia hafal saat berumur 9 tahun.

Dukungan Lingkungan
Semangat untuk menghafal juga dipengaruhi oleh kondisi lingkungan. Pilihlah lingkungan yang mendukung untuk menghafal, seperti mengikuti komunitas penghafal Alquran ataupun mengkondisikan setiap anggota keluarga saling menghafal Alquran.

Memiliki Tujuan yang Baik
Dengan memiliki tujuan yang jelas dan terarah, maka proses untuk menujunya akan menjadi lebih mudah dan selalu terpacu guna mencapainya.

Jangan Bosan Mengulang dan Bertilawah
Fatih berpesan agar hafalan yang sudah masuk dalam otak hendaknya terus dihafalkan setiap hari. Namun, jika ingin cepat hafal dan akrab dengan Alquran, lakukan juga tilawah (pembacaan ayat Alquran dengan baik dan indah) minimal dua juz perhari. Dengan begitu, kalimat-kalimat Alquran menjadi lebih akrab dalam pikiran Anda. (kabarmakkah.com/Salimah)

loading...
Berita Pilihan

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional