PortalMadura.com

Ini 7 Pertimbangan Sebelum Anda Beli Mobil Bekas atau Baru

  • Senin, 17 April 2017 | 15:00
Ini 7 Pertimbangan Sebelum Anda Beli Mobil Bekas atau Baru
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Memiliki mobil merupakan impian sebagian orang, karena bisa lebih mudah jika ingin bepergian sendiri maupun bersama anggota keluarga. Dengan mengendarainya, Anda tentu tidak perlu berpanas-panasan maupun kehujanan. Hal inilah yang biasanya menjadi salah satu alasan orang untuk cepat-cepat memilikinya.

Nah, apabila Anda ingin membeli sebaiknya jangan terburu-buru dalam menentukan pilihan. Karena Anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu segala sesuatunya, misalnya mengenai kondisi finansial yang dimiliki, kualitas ataupun harga. Entah Anda membeli mobil baru maupun yang sudah bekas.

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat ingin membeli mobil:

Menyediakan Anggaran yang Cukup
Anggaran dalam membeli mobil harus dipersiapkan dengan matang. Tidak boleh menyediakan uang yang terlalu “mepet” dengan ekspektasi harga. Selain harus menyediakan uang sesuai harga mobil, perlu pula menyediakan anggaran untuk keperluan lain-lain yang tidak terduga.

Keperluan mobil yang sudah dimiliki juga harus disediakan, misalnya untuk biaya servis, biaya perawatan, biaya asuransi jika diperlukan, serta biaya cicilan mobil jika membelinya dalam bentuk kredit.

Pembelian mobil bisa dilakukan dengan cara tunai (kontan) atau dengan cara kredit. Saat membeli secara tunai, seseorang bisa langsung membayar secara keseluruhan nilai mobil yang akan dimilikinya tanpa ada kewajiban untuk memikirkan pembayaran cicilan.

Namun, bila membeli mobil dilakukan dengan cara kredit, maka seseorang tersebut harus berpikir tentang alokasi dana untuk membayar cicilan kredit, yang pastinya nilai besarannya ditambah dengan suku bunga yang berlaku. Perlu dipertimbangkan, agar keuangan lebih stabil pengeluaran cicilan mobil hendaknya tidak melebihi 20% dari total pendapatan.

Jenis Mobil
Faktor penting yang harus diperhatikan adalah informasi lebih dari sebuah mobil yang akan dimiliki nantinya. Seseorang harus bisa menentukan merek dan tipe mobil apa yang akan dibelinya menyesuaikan dengan budget keuangan. Mobil yang akan dibeli hendaknya disesuaikan dengan tujuan penggunaan dan kebutuhannya. Seseorang harus mengumpulkan sebanyak mungkin informasi atau review mobil buruannya, baik performa, fasilitas keselamatan, kelebihan serta kelemahannya.

Kapolres Sumenep

Pajak
Saat memilih kendaraan mobil yang ingin dibeli, perlu memperhatikan Pajak Penjualan atas Barang Mewah serta pajak tahunannya. Untuk mobil bekas dengan harga yang sama, bukan berarti pajak yang harus ditanggung juga sama. Untuk mobil yang tergolong barang mewah pasti pajaknya akan lebih besar. Jadi harus benar-benar dipilih mobil sesuai kemampuan finansial penghasilan bulanan.

Mobil Baru atau Mobil Bekas
Mobil digunakan sebagai kendaraan untuk transportasi karena fungsinya. Baik mobil bekas maupun mobil baru tetap bisa difungsikan sebagaimana mestinya jika benar-benar dirawat oleh pemiliknya. Pembelian mobil bisa dipilih berdasarkan anggaran keuangan yang dimiliki.

Tawar Menawar
Seperti pada jual beli pada umumnya, membeli mobil juga perlu tawar menawar agar bisa mendapatkan harga yang terbaik. Jika membeli mobil baru pada dealer, masih bisa melakukan tawar menawar dengan sales dealer mobil tersebut. Penting sekali bagi seseorang untuk membekali diri dengan informasi harga pasaran mobil serta penawaran kredit dari dealer lain saat melakukan penawaran. Jika melakukan pembelian mobil bekas, tawar menawar juga tetap bisa dilakukan baik dengan si pemilik mobil atau pada sales mobil bekas.

Kredit dengan Bunga Terendah
Carilah pembiayaan terpercaya dengan tingkat bunga yang murah dan masuk akal, bandingkan harga mobil dari satu dealer dengan yang lainnya, barulah mengambil keputusan untuk membeli mobil pada dealer tersebut.

Melakukan Test Drive
Jika Anda ingin mengetahui performa mesin, seseorang yang ingin membeli mobil bekas rental bisa meminta untuk test drive terlebih dahulu. Calon pembeli bisa meminta test drive hingga beberapa hari, bahkan beberapa rental tidak membebankan biaya tambahan saat melakukan test drive.

Miliki Mobil Idaman Sesuai Harapan
Memilih mobil baru atau bekas sebenarnya tidak ada masalah yang cukup signifikan selama tidak mengganggu stabilitas keuangan. Oleh karena itu, saat memutuskan untuk membeli mobil harus disesuaikan dengan kemampuan ekonomi, kebutuhan, manfaat dan tujuan penggunaannya. (suara.com/Lala)

Ahmad zaini
Hut RI
Loading...
Advertisement
Iklan Murah
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional