Ini Cara Menyikapi 3 Permasalahan Rumah Tangga Agar Tetap Bahagia

Avatar of PortalMadura.com
Ini Cara Menyikapi 3 Permasalahan Rumah Tangga Agar Tetap Bahagia
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap keluarga pasti menginginkan pernikahannya selalu bahagia. Namun, kehidupan dalam rumah tangga tidak selamanya berjalan mulus. Sesekali, pasti ada saja masalah yang datang. Seberapa besar masalah yang datang, semua tergantung bagaimana Anda dan pasangan menyikapinya.

Jangan jadikan pertengkaran sebagai sesuatu hal yang buruk bagi hubungan Anda. Karena hal itu sudah biasa terjadi bahkan bisa menjadi bumbu-bumbu untuk semakin meningkatkan cinta diantara kedua pasangan.

Sebagaimana menurut psikolog dan terapis pernikahan Franklin Porter, Ph.D, setiap pasangan jangan menganggap bahwa bertengkar merupakan hal yang buruk jadi sebaiknya jangan menghindari pertengkaran. “Bertengkar, jika memang penting merupakan hal yang baik,” ujarnya.

Lebih lanjut Franklin menambahkan, pasangan yang bahagia itu tahu batasan ketika bertengkar sehingga pertengkaran tidak menjadi terlalu jauh. Lantas, bagaimana cara agar semua pasangan bisa mengatasi masalah itu?. Berikut ini tips bagaimana pasangan bahagia bisa menghadapi tiga masalah utama dalam rumah tangga:

Masalah Seks
“Salah satu masalah yang sering terjadi antar pasangan adalah ketidakimbangan libido antara satu dengan yang lain,” kata Franklin. Jangan anggap remeh masalah ini karena bisa berujung pada pertengkaran. Menurut Franklin untuk mengatasi masalah ini jangan saling memojokkan pasangan misalnya jangan pernah mengatakan “kamu tidak pernah ingin bercinta.” Hal itu sangat menyebalkan. Ada baiknya Anda mengatakan dengan lebih bijak, misal “aku merasa sedih ketika kamu tengah tidak ingin bercinta.”

Masalah Finansial
Masalah seputar finansial biasanya membuat masing-masing pasangan menjadi emosional. Misal pasangan tidak suka dengan gaya hidup yang terlalu sering membeli baju atau sepatu meskipun itu menggunakan uang Anda sendiri. Terkadang pria merasa Anda terlalu boros dan takut ketika kondisi finansialnya tengah tidak stabli.

Franklin menyarankan untuk belajar lebih berempati. Hal ini perlu dibicarakan secara baik-baik. Franklin mengharapkan agar masing-masing pasangan tidak saling menyinggung.

Masalah Gadget
Dunia digital saat ini memang membuat orang sulit melepas diri dari gadget atau gawai. Tapi ketika bersama pasangan, Anda memang penting memiliki waktu berkualitas bersama tanpa adanya ‘pihak ketiga' tersebut. Untuk meredam pertengkaran, ada baiknya melakukan dialog tentang masalah ini yang biasanya sudah membuat kecanduan.

Franklin menjelaskan Anda bisa membuat aturan berapa menit paling lama Anda memegang ponsel sebelum tidur dan sisakan lebih banyak waktu untuk mengobrol dengan pasangan. Semoga bermanfaat. (detik.com/Lala)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.