Ini Dia Cara Agar Dicintai Manusia dan Diridhoi Allah

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com – Cinta adalah sebuah kata yang sering kita dengar dan kita rasakan. Namun, dicintai manusia dan diridhai Allah tentunya merupakan dambaan kita semua dan rasanya sulit untuk didapat.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan cinta manusia dan ridha Allah Anda harus melakukan beberapa cara berikut ini yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan Anda :
 
Berniat Baik
Semua perbuatan itu bergantung kepada niatnya. Niat yang baik akan membukakan pintu-pintu kebaikan. Rahmat dan karunia Allah terlimpah kepada kita, selaku pemilik niat itu. Jadi, niatkanlah yang baik sebelum memulai segala sesuatu.

Berniat baik adalah salah satu kunci kebaikan, yang perlu disertai dengan keikhlasan dan berkesinambungan (istiqamah) untuk membuka pintu-pintu keberkahan dan keajaiban.

Berpikir Baik
Alam semesta itu serupa makrokosmos, pikiran manusia itu laksana mikrokosmos. Semua kejadian, peristiwa, pada hakikatnya adalah netral. Pikiran manusialah yang mempersepsinya sehingga muncullah kebahagiaan atau kesedihan. Pikiran baik memunculkan kebaikan, kebaikan akan menuntun manusia kepada kebahagiaan.

Kebahagiaan inilah kunci dari kesejahteraan yang mencerahkan peradaban.

Melihat yang Baik
Apa yang kita lihat akan mempengaruhi hati kita. Bila terbiasa melihat kebaikan, maka hati dipenuhi ketenangan. Bila suka melihat keburukan, maka hati dipenuhi kegelisahan.

Mata merupakan jendela hati, jagalah mata karena ini merupakan salah satu pondasi dasar di dalam menjaga kesucian hati.

Mendengar yang Baik
Telinga adalah salah satu pintu masuk menuju otak, yang amat berpengaruh terhadap jiwa. Bila yang kita dengar adalah kebaikan, maka otak akan mempersepsi kebaikan, sehingga jiwa kita menjadi bahagia dan tenang.

Berkata Baik
Kata-kata, baik terucap maupun tertulis, mencerminkan jiwa manusia. Bila jernih jiwanya, maka baiklah perkataan. Sebaliknya, bila keruh jiwanya maka kotorlah perkataan. Berkatalah baik, karena semua perkataan manusia tercatat di dalam buku kehidupan yang akan dipertanggungjawabkan kelak di akhirat. Bila tidak dapat berkata baik, maka hendaklah diam. Sebab saat diam, jiwa manusia akan bersenandung bahagia, melantunkan pujian kepada Tuhan.

Kebaikan dan kebahagiaan memiliki banyak sekali pintu. Misalnya penglihatan, pendengaran, lisan, dan sebagainya. Pintu yang paling rentan rusak adalah pintu lisan. Betapa banyak manusia yang tidak bisa menjaga pintu ini, sehingga kehidupannya jauh dari kebaikan dan kebahagiaan.

Berperilaku Baik
Berperilaku baik dapat diwujudkan melalui hal-hal sederhana. Tersenyum dan menebarkan salam saat berpapasan dengan orang lain, mengucapkan terimakasih ketika mendapatkan pertolongan dari siapapun, meminta maaf saat melakukan kesalahan adalah contoh sederhana berperilaku baik.
Berusahalah berperilaku baik untuk senantiasa membahagiakan sesama. Tentang kebahagiaan diri kita, biarlah itu menjadi urusan Allah.

Berbagi Kebaikan
Berbagi adalah kunci keberlimpahan, misalnya berbagi ilmu pengetahuan menjadikan manusia berlimpah kebijaksanaan. Berbagi harta menyebabkan manusia berlimpah keberkahan. Berbagi kebaikan menjadikan manusia berlimpah kebahagiaan. Berbagi hikmah melapangkan jalan manusia menuju keabadian. Berbagi Cintakasih membukakan berjuta keajaiban langsung dari Allah, sang Maha Kasih dan Maha Penyayang.

Berakhlak Mulia
Akhlak serupa dengan budi pekerti, kelakuan, perilaku, karakter, watak dalam wujudnya yang begitu kompleks dan komprehensif. Berakhlak mulia, seperti yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW, adalah sesuatu “kewajiban” bagi muslimin dan muslimat. Kemuliaan akhlak manusia dibentuk sejak dari dalam kandungan, dalam lingkungan yang kondusif, melalui bimbingan dari para guru ruhani.

Dengan berniat baik, berpikir baik, melihat yang baik, mendengar yang baik, berkata baik, berperilaku baik, berbagi kebaikan, serta berakhlak mulia yang dilakukan secara istiqamah, maka kita senantiasa dicintai manusia dan diridai Allah SWT baik di dunia hingga di akhirat kelak. (ummi-online.com/Nia)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.