Ini Fakta Yang Perlu Diketahui Tentang Puting Payudara

Avatar of PortalMadura.Com
Ini Fakta Yang Perlu Diketahui Tentang Puting Payudara
ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan salah satu bagian tubuh perempuan yang kerap diabaikan. Ternyata dengan memperhatikan kondisi puting, kaum hawa bisa mengetahui kondisi kesehatannya.

Ingin tahu fakta apa saja seputar puting payudara? Simak fakta berikut seperti dilansir dari laman Womenshealthmag.

Ukuran puting bisa berubah
Ukuran puting ternyata bisa berubah seiring dengan bertambahnya usia atau kondisi yang dialami seorang perempuan. Pada ibu hamil (bumil) misalnya, diameter putingnya akan membesar beberapa sentimeter.

Warnanya bervariasi
Warna puting setiap perempuan ternyata bervariasi. Ada yang bewarna merah muda pucat, merah bata, bahkan cokelat gelap. Namun pada perempuan dewasa, warna puting akan menetap dan tidak akan berubah lagi karena dipengaruhi oleh hormon.

Ada bintik di sekitar puting
Jika diperhatikan lebih dekat, Anda akan melihat bintik di sekitar puting yang sedikit berbulu. Hal ini sangat normal karena di sekitar puting ditumbuhi folikel rambut, kelenjar keringat dan kelenjar minyak yang memicu adanya bintik-bintik halus.

Benjolan di area puting merupakan pertanda buruk
Tumor jinak hingga benjolan di sekitar payudara merupakan salah satu pertanda buruk. Bisa jaid itu pertanda kanker payudara yang menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak di antara kaum hawa. Oleh karena itu lakukan pemeriksaan payudara sendiri secara rutin untuk mendeteksi lebih dini kemungkinan adanya tumor atau kanker payudara.

Waspadai jika cairan keluar dari puting
Puting pada kondisi setelah melahirkan akan mengeluarkan ASI. Hal ini merupakan kondisi yang normal. Tapi waspadai jika ada cairan yang keluar saat Anda dalam kondisi tidak sedang menyusui. Cairan berwarna putih krem biasanya menjadi salah satu gejala awal kanker payudara. Sementara jika cairan yang keluar bewarna hijau atau kehitaman bisa jadi Anda mengalami kanker payudara tahap serius. Segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter jika mengalami hal di atas.(suara.com)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.