Ini Kebiasaan Buruk Orang Tua yang Bisa Bikin Si Kecil Manja

Avatar of PortalMadura.com
Ini Kebiasaan Buruk Orang Tua yang Bisa Bikin Si Kecil Manja
ilustrasi

PortalMadura.Com – Semua orang tua tentu ingin selalu melindungi anaknya dari segala ancaman dan bahaya. Sayangnya, ada sebagian orang tua yang memberikan perlindungan berlebihan atau over protective, hal ini justru dapat merugikan masa depan anak.

Pasalnya, pola asuh over protective dapat membuat anak menjadi pasif dan penakut. Bahkan, menurut seorang psikolog pendidikan dan anak, Elizabeth Santosa, anak yang dididik dengan pola asuh over protective akan jadi tidak mandiri.

“Besarnya nanti, anak nggak jadi mandiri dan dia selalu bingung, dia selalu minta bantuan orang tua, manja, dan tidak punya kepercayaan akan kemampuan diri sendiri,” ujarnya.

Psikolog yang juga berprofesi sebagai dosen ini turut menyarankan agar orang tua selalu mengajarkan anak untuk memberikan alasan tepat saat melarang anak.

“Contoh nih ya, dengan menyentil anak itu tidak mengajarkan bagaimana menyelesaikan masalah di situasi itu,” ungkapnya.

Selain itu, Elizabeth juga mengingatkan para orang tua untuk tidak mendidik anak dengan pola asuh over protective, sebab kelak anak dapat menjadi korban bully.

Untuk itu, orang tua memang punya kewajiban melindungi anak setiap waktu, namun perilaku Anda jangan sampai membuat anak jadi orang yang manja. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.