PortalMadura.com

Ini Tips Jitu Cek Kerusakan Kaki-kaki Mobil

  • Rabu, 24 Mei 2017 | 15:00
Ini Tips Jitu Cek Kerusakan Kaki-kaki Mobil
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ruas jalan mengalami kerusakan atau banyak lubang biasanya menjadi momok yang mengerikan bagi sebagian orang, khususnya pengendara roda empat. Karena, kendaraan harus berjalan dengan lambat sehingga hal ini akan menghambat perjalanan.

Tidak hanya itu, apabila mobil sering melewati jalan tersebut akan menyebabkan komponen kaki-kaki mobil menjadi rusak. Sebagaimana menurut Kepala bengkel Astrido Toyota di Jakarta, Suryadi, mengungkapkan, mobil yang kerap menghantam jalan rusak akan menimbulkan kerusakan di sektor kaki-kaki.

“Kebanyakan yang rentan atau sering rusak adalah long tie rod, tie rod end dan ball joint,” kata Suryadi.

Kapolres Sumenep

Dia mengatakan, kerusakan pada sektor kaki-kaki bisa dideteksi para pengendara. Contohnya, kerusakan pada long tie rod dan tie rod end yakni muncul getaran pada setir atau roda kemudi saat mobil melaju di kecepatan sedang.

“Getaran dirasakan pada setir kendaraan. Tidak bisa melaju dengan posisi tetap, setir akan ke kiri dan ke kanan. Posisinya tidak nyaman,” ungkapnya.

Sedangkan untuk memeriksa kerusakan pada ball joint adalah dengan melihat ciri fisiknya. Karet ball joint yang rusak umumnya retak atau pecah, serta kondisinya kering karena semua pelumasnya sudah habis.

“Deteksi stabilizer bar link bisa diketahui dari timbulnya bunyi yang akan mengganggu, saat pengemudi berkendara di jalan rusak. Akan terdengar keras bunyinya,” katanya. (viva.co.id/Putri)

Hut RI
Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional