PortalMadura.com

Inilah 10 Manfaat Senyum Untuk Kesehatan Dalam Islam

  • Selasa, 20 September 2016 | 17:00
Inilah 10 Manfaat Senyum Untuk Kesehatan Dalam Islam
ilustrasi

PortalMadura.Com – Senyum di dalam Islam merupakan ibadah, karena membuat orang yang tersenyum menjadi indah dan enak dilihat. Bahkan Islam mengajarkan, jika umat muslim tidak memiliki apapun untuk disedekahkan, maka bersedekahlah dengan  sebuah senyum.

Sebagaimana sabda Rasulullah: “Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah,” (HR. At Tirmidzi).

Aisyah r.a, bercerita: “Tidak pernah saya melihat Rasulullah tertawa terbahak-bahak sehingga kelihatan batas kerongkongannya. Akan tetapi tertawa beliau adalah dengan tersenyum,” (HaditsRiwayatAl-Bukhari).

Namun selain bernilah ibadah, ternyata tersenyum adalah salah satu cara yang paling mudah untuk mengurangi stres dan menambah teman. Selain itu, seperti diketahui dibutuhkan lebih sedikit otot wajah untuk membuat seseorang tersenyum dibanding cemberut. Beberapa ahli menyatakan dibutuhkan 43 otot untuk cemberut dan hanya 17 otot untuk tersenyum. 

Akan tetapi, ada beberapa pendapat lainnya menyebutkan, bahwa dibutuhkan 62 otot untuk cemberut dan hanya 26 otot untuk tersenyum. Tersenyum juga bisa meningkatkan kesehatan seseorang dan membuat hidupnya lebih menyenangkan.

Berikut sepuluh manfaat yang bisa didapatkan seseorang dengan tersenyum:

Senyum Membuat Seseorang Lebih Menarik
Secara tidak sadar, senyum bisa membuat orang lebih menarik. Hal ini, karena ada faktor daya tarik tertentu dan membuat seseorang terlihat lebih baik dibanding mengerutkan kening, cemberut atau meringis.

Senyum bisa Mengubah Suasana Hati
Tersenyum bisa mengelabui tubuh sehingga membantu seseorang mengubah suasana hatinya menjadi lebih baik. Untuk itu jika merasa sedih, cobalah untuk tersenyum.

Senyum bisa Menular
Tersenyum tidak hanya mengubah suasana hati orang tersebut tapi juga orang-orang di sekitarnya, dan membuat hal-hal menjadi lebih bahagia. Karena, senyum bisa menular dan membawa kebahagiaan bagi orang lain.

Senyum bisa Meredakan Stres
Orang yang stres bisa terlihat dari wajahnya, tapi dengan tersenyum bisa mencegah seseorang tampak letih dan lelah. Jika sedang stres, cobalah ambil waktu untuk tersenyum, karena bisa mengurangi stres sehingga lebih mampu mengambil tindakan.

Senyum Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Tersenyum bisa membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja lebih baik. Ketika seseorang tersenyum, maka fungsi imun meningkat yang membuat seseorang merasa lebih rileks dan terhindar dari penyakit seperti flu dan pilek.

Senyum Menurunkan Tekanan Darah
Ketika Anda tersenyum, maka ada penurunan nilai tekanan darah yang terukur. Cobalah mengukur tekanan darah saat duduk di rumah sambil membaca, lalu tersenyum selama 1 menit dan mengukur tekanan darah kembali, maka akan terlihat perbedaannya.

Senyum bisa Melepaskan Endorfin, Penghilang Rasa Sakit dan Serotonin
Studi telah menunjukkan bahwa senyum bisa melepaskan endorfin, senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit secara alami dan serotonin. Ketiganya bisa membuat orang merasa lebih baik dan menjadi obat yang alami.

Lipatan Senyum di Wajah bisa Membuat Orang Terlihat Lebih Muda
Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum bisa membantu mengangkat wajah, sehingga membuat orang tampak lebih muda. Karenanya, cobalah lebih sering tersenyum yang membuat merasa lebih muda dan lebih baik.

Tersenyum bisa Membuat Orang Terlihat Sukses
Orang yang tersenyum akan terlihat lebih percaya diri sehingga lebih dipromosikan, selain itu pasang senyum di setiap pertemuan akan memiliki reaksi yang berbeda.

Senyum bisa Membantu Orang Selalu Berfikir Positif
Senyum akan membuat orang lebih positif dan mengurangi pikiran negatif. Dengan mengurangi depresi, stres dan kuatir maka kesehatan seseorang juga akan meningkat dan dapat menghindari dari berbagai risiko penyakit. (kabarmuslimah.com/Salimah)

Advertisement
Iklan Murah
Loading...
BAZNAS sumenep
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional