PortalMadura.com

Inilah 3 Keutamaan Puasa Dua Hari Sebelum Idul Adha di Bulan Dzulhijjah

  • Selasa, 6 September 2016 | 17:00
Inilah 3 Keutamaan Puasa Dua Hari Sebelum Idul Adha di Bulan Dzulhijjah
ilustrasi

PortalMadura.Com – Dzulhijjah merupakan salah satu bulan mulia dalam kalender Islam. Banyak umat Islam yang menantikan kedatangannya, khususnya para calon jamaah haji. Pada bulan ini, umat Islam berkurban dengan hewan-hewan yang ditetapkan seperti domba, kambing, sapi, unta, dan kerbau. Selain itu, Umat Islam juga dianjurkan melaksanakan ibadah puasa sunah, yaitu Tarwiyah dan Arafah.

Puasa sunah Tarwiyah dan Arafah sangat dianjurkan bagi umat muslim. Hal itu dilakukan agar Anda dapat turut merasakan nikmatnya ibadah seperti yang dirasakan oleh para jamaah haji.

Puasa Tarwiyah adalah puasa yang dilaksanakan pada hari tarwiyah, yakni 8 Dzulhijjah, hari sebelum hari wukuf. Puasa Arafah adalah puasa yang dilaksanakan pada hari Arafah, yakni pada tanggal 9 Dzulhijjah, yaitu hari pada saat jamaah haji melakukan wukuf di padang Arafah. Namun, bagi jamaah haji sendiri haram hukumnya untuk berpuasa di hari Arafah.

Berdasarkan hadis Rasulullah, ada beberapa keutamaan puasa sunah Tarwiyah dan Arafah bagi orang yang tidak melaksanakan ibadah haji.

Berikut tiga keutamaan yang akan didapatkan umat muslim yang melaksanakan puasa sunah Tarwiyah dan Arafah:

1. Barang siapa yang menjalankan puasa Tarwiyah akan dihapus dosa satu tahun silam yang telah terlewati.

2. Sedangkan yang berpuasa di hari Arafah akan dihapus dosa dua tahun (1 tahun lalu dan 1 tahun yang akan datang).

3. Yang melaksanakan dua puasa ini akan dianugerahi oleh Allah SWT dengan 10 macam kemuliaan, yaitu: Allah akan memberi keberkahan pada umumnya; Allah akan menambah harta; Allah akan menjamin kehidupan rumah tangganya; Allah akan membersihkan dirinya dari segala dosa dan kesalahan yang telah lalu; Allah akan melipatgandakan amal dan ibadahnya; Allah akan memudahkan kematiannya; Allah akan menerangi kuburnya selama di alam Barzah; Allah akan memberatkan timbangan amal baiknya di Padang Mahsyar; Allah akan menyelamatkannya dari kejatuhan kedudukan di dunia; Allah akan menaikkan martabatnya di sisi Allah SWT. (harianterbit.com/Salimah)


loading...

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional