Inilah 3 Manfaat Menjalin Silaturahmi yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
manfaat silaturahmi
manfaat silaturahmi

PortalMadura.Com“Kalau kalian tidak mengerjakan apa yang Aku perintahkan itu (yaitu untuk berukhuwah, bersilaturahmi) tentu akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang besar,” (QS Al Anfaal ayat 63).

Oleh karena itu, menjalin merupakan suatu keharusan bagi umat Islam. Karena, dengan bersilaturahmi Anda dapat menghubungkan tali kekerabatan dan menyambungkan kasih sayang demi kebaikan.

Selain itu, bagi orang yang selalu menjaga tali silaturahmi, Allah akan memanjangkan umurnya. Bahkan, dengan bersilaturahmi Allah akan mempermudah rezeki seseorang.

Manfaat Silaturahmi

Berikut tiga manfaat yang didapat dari menjalin silaturahmi:

Mempererat Tali Persaudaraan dan Persahabatan

Kesibukan kadang memang membuat Anda merasa tidak sempat atau tidak memiliki waktu untuk menyapa saudara, keluarga atau teman lama.

Namun, sebenarnya silaturahmi tidak menuntut Anda harus meluangkan banyak waktu. Cukup sekedar sms atau telpon untuk menanyakan kabar saja, hal ini sudah dapat mempererat jalinan tali persaudaraan dan persahabatan dengan sesama.

Memanjangkan Usia

Dengan menjalin tali silaturahmi, maka Anda akan mendapatkan ketenangan dan ketentraman batin. Jika pikiran dan hati Anda tenang dan bahagia, maka efeknya juga sangat baik bagi kesehatan.

“Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi,” (HR. Bukhari – Muslim).

Menjaga dan memperkuat silaturahmi sangat penting dilakukan oleh setiap muslim. Hal ini bukan hanya bermanfaat di dunia saja, akan tetapi untuk kebaikan di akhirat nanti.

Silaturahmi juga dapat mendatangkan banyak doa keselamatan dan umur panjang bagi Anda dari orang-orang yang telah Anda bahagiakan hatinya.

Menambah Berkah, dan Rezeki

Menjalin silaturahmi juga dapat melimpahkan berkah dan rezeki. Karena, dengan komunikasi yang baik maka rezeki yang Anda dapat akan semakin baik dan juga semakin lancar.

Selain itu Seseorang muslim yang menjalin kembali tali silaturahmi maka akan dijauhkan dari neraka. Sebagaimana dalam salah satu hadis berikut ini, yang artinya:

“Engkau menyembah Allah SWT dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan salat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahmi.” (HR Bukhari dan Muslim).

Manfaat Silaturahmi juga untuk Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Menjalin silaturahmi dengan sesama juga menjadi salah satu sarana kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Pasalnya saat kita mau menyambung silaturahmi dan memperlakukan manusia dengan baik, berarti kita telah menjalankan perintah Allah SWT. Dalam hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah ra ia berkata sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya Allah SWT menciptakan makhluk, hingga apabila Dia selesai dari (menciptakan) mereka, rahim berdiri seraya berkata: ini adalah kedudukan orang yang berlindung dengan-Mu dari memutuskan. Dia berfirman: “Benar, apakah engkau ridha jika Aku menyambung orang yang menyambung engkau dan memutuskan orang yang memutuskan engkau?” Ia menjawab: iya. Dia berfirman: “Itulah untukmu.”

Manfaat Silaturahmi Sebagai Akhlak terpuji yang dicintai oleh Allah

Manfaat silaturahmi lainnya yaitu dapat menjadikan kita sebagai makhluk yang mulia. Pasalnya menyambung silaturahmi dengan orang yang telah memutuskan tali silaturahmi merupakan akhlak terpuji yang dicintai oleh Allah. Sebagaimana sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ali bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Maukah kalian saya tunjukkan perilaku akhlak termulia di dunia dan di akhirat? Maafkan orang yang pernah menganiayaimu, sambung silaturahmi orang yang memutuskanmu dan berikan sesuatu kepada orang yang telah melarang pemberian untukmu.”

Sedangkan seseorang yang suka memutus tali silaturahmi maka dianggap sebagai perusak kehidupan. Hal ini sebagaimana yang termaktub dalam salah satu surah Al-Quran berikut ini, Allah SWT berfirman:

“Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan tali silaturahmi (kekeluargaan)? Mereka itulah orang-orang yang dilaknati Allah dan ditulikan telinga mereka dan dibutakan penglihatan mereka”.(QS. Muhammad:22-23)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.