PortalMadura.com

Inilah 3 Penyebab Punggung Sakit Saat Bangun Tidur

  • Jumat, 25 November 2016 | 09:00
Inilah 3 Penyebab Punggung Sakit Saat Bangun Tidur
ilustrasi

PortalMadura.Com – Seringkali seseorang mengeluh sakit punggung secara tiba-tiba saat bangun tidur. Bukannya merasa segar, namun malah nyeri yang amat sangat saat akan menggerakkan tubuh. Jika Anda mengalaminya, maka sepertinya Anda perlu tahu apa saja penyebabnya.

Penyebab sekunder dari nyeri di punggung, bahu, dan leher termasuk karena stres, dan kecemasan yang membuat otot tegang dan mendorong posisi tidur meringkuk erat.

Bahkan, latihan larut malam, mengonsumsi makanan ringan, kafein, nikotin, atau alkohol sebelum tidur dapat memiliki efek negatif. Oleh karena itu, Anda perlu meninggalkan kebiasaan buruk ini.

Berikut tiga penyebab lain sakit punggung saat bangun tidur yang perlu Anda Ketahui:

Pilihan kasur
Banyak orang menggunakan kasur yang melengkung, sehingga tulang belakang, leher, dan kepala tidak selaras. Kesalahan lainnya, dengan pemilihan kasur yang terlalu keras bisa mengakibatkan sakit punggung kronis.

Kasur lembut, tapi tidak kendur, menjadi pilihan baik untuk mereka yang memiliki pinggang, dan pinggul kecil. Kasur ini membantu postur tubuh dapat menyerap berat panggul yang lebih besar.

Kasur yang kencang tapi tidak keras sangat bagus untuk mereka yang memiliki pinggul serta pinggang yang sama besarnya.

Bantal
American Physical Therapy Association, menceritakan, bahwa postur tidur yang benar tergantung pada bantal yang membuat tengkuk tidak sakit, atau kurva tulang belakang leher.

Namun, bantal yang empuk berkontribusi membuat sakit, jadi jangan digunakan. Bulu regular, fiberfill, dan bantal busa bisa menyebabkan timbulnya punggung dan leher sakit.

Maka dari itu, pilihlah bantal yang terbuat dari bahan khusus, seperti bantal air isi ulang, atau yang terbuat dari viskoelastik, bisa membuat posisi tidur Anda menjadi lebih baik.

Postur Tubuh
Posisi tidur yang salah dapat membuat punggung nyeri. Dan kembali tidur bisa membuat stres wilayah tulang belakang lumbar.

American Chiropractic Assiciation, menyarankan, untuk menghindari risiko ini dengan menaruh bantal di antara lutut saat tidur miring, atau di bawah lutut ketika tidur telentang. (liputan6.com/Salimah)

loading...
Berita Pilihan

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional