Inilah 4 Batas Aurat Wanita Kepada Sesama Wanita Yang Wajib Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 4 Batas Aurat Wanita Kepada Sesama Wanita Yang Wajib Anda Ketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Terkadang seorang perempuan kurang berhati-hati dalam menjaga adab berpakaian (menutup aurat) di hadapan sesama perempuan, bahkan ada yang berani buka baju dengan alasan sama-sama perempuan. Biasanya, hal ini terjadi pada saat sedang berkumpul. Mereka tidak sungkan auratnya terlihat lain dengan alasan tidak menimbulkan syahwat.

Namun, ternyata ada batas aurat wanita yang tidak boleh terlihat oleh wanita lainnya. Bahkan wanita harus memahami empat bagian penting dari batasan auratnya. Lalu apa saja batas aurat tersebut?.

Berikut ringkasan empat aurat perempuan baik terhadap mahram maupun yang bukan mahram:

Bagian Pusar dan Lutut
Sesama mahram dan di kalangan muslimah boleh melihat tubuh muslimah, kecuali bagian antara pusar dan lutut. Namun juga harus melihat di tempat yang sepi seperti di rumah, kamar mandi, kamar pribadi. Tidak sedang di tempat umum atau bercampur yang bukan mahram dan muslimah non muslim.

Sebagaimana hadis yang diriwayatkan Abu Salamah ra: “Aku dan saudara ‘Aisyah datang kepada ‘Aisyah, lalu saudaranya itu bertanya kepadanya tentang mandi yang dilakukan oleh Rasulullah. Lantas ‘Aisyah meminta wadah yang berisi satu sha' (air), kemudian ia mandi dan mengucurkan air di atas kepalanya. Sementara antara kami dan beliau ada tabir”.

Al-Qadhi ‘Iyadh Rahimahullah berkata, “Yang nampak dari hadis tersebut adalah bahwa keduanya (yakni Abu Salamah dan saudara ‘Aisyah) melihat apa yang dilakukan oleh ‘Aisyah pada kepala dan bagian atas tubuhnya, di mana itu adalah bagian yang boleh dilihat oleh seorang mahram, dan ‘Aisyah adalah bibinya Abu Salamah karena persusuan, sementara ‘Aisyah meletakkan tabir untuk menutupi bagian bawah tubuhnya, karena bagian tersebut adalah bagian yang tidak boleh dilihat oleh mahram”.

Menutup Seluruh Badan
Hendaklah seorang muslimah menutup seluruh badannya ketika bersama wanita non muslim.

Menutup Seluruh Badan Hingga Kuku Kaki
Seorang muslimah wajib menutup seluruh badannya hingga kuku kaki ketika ada laki-laki yang bukan mahramnya.

Sebagaimana firman Allah: ”Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita …” (An-Nur :31).

Menutup Seluruh Badan Kecuali Telapak Tangan dan Wajah Ketika Salat
Ibnu Qasim Al Ghozzi berkata: “Aurat muslimah merdeka di dalam salat adalah seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan, termasuk dalam telapak tangan dan bagian punggung tangan. Adapun aurat muslimah merdeka di luar salat adalah seluruh tubuhnya. Ketika sendirian aurat muslimah adalah antara pusar dan lutut,” (Fathul Qorib, 1: 116). (infoyunik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.