PortalMadura.com

Inilah 4 Cara Bijak Hadapi Sahabat Si Tukang Hutang

  • Jumat, 4 November 2016 | 13:00
Inilah 4 Cara Bijak Hadapi Sahabat Si Tukang Hutang
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagai sahabat yang baik pastinya kamu akan menolong sahabat yang mengalami kesusahan, misalnya meminjamkan uang. Tapi biasanya, kebaikan kita sendiri dimanfaatkan oleh sahabat kita sendiri hanya untuk meminta lebih dari kita.

Namun, terkadang kamu akan merasa marah dan kesal karena uang yang dia pinjam belum juga dikembalikan. Padahal saat ini kamu sangat membutuhkannya.

Nah, untuk menghindari masalah tersebut, yuk kita ikuti tips di bawah ini.

1. “Aku juga nggak punya uang, maaf ya..” Kalau Anda menolak begini, sudah terlihat jelas bahwa Anda memang tidak punya uang (walaupun sebenarnya ada). Kadang kebohongan kecil ini bisa menyelamatkan keuangan Anda, terlebih lagi jika yang meminjam uang dikenal hobi pinjam uang.

2. “Ada sih tapi buat bayar kos, bayar tagihan, dll,” Untuk penolakan seperti ini, Anda harus punya alasan membayar hal-hal yang memang penting, misalnya bayar kos, belanja bulanan, bayar tagihan handphone, kirim uang ke orang tua dan sebagainya. Hindari alasan beli baju, beli tas, perawatan salon, dan yang seperti itu, karena Anda akan dianggap punya banyak uang.

3. “Lho padahal aku mau pinjem uang ke kamu,” Alasan seperti ini bisa dibilang sangat cepat menolak keinginan ngutang. Dia ingin pinjam uang, Anda bisa pura-pura butuh uang juga dan akan meminjam uang ke dia. Kalau sudah begini, biasanya si peminjam akan mundur.

4. “Yang kemarin aja belum kamu kembalikan,” Kalau Anda tipe ceplas-ceplos dan mulai terganggu dengan kebiasaan teman yang pinjam uang (tetapi sulit ditagih dan banyak alasan), jawaban seperti ini bisa Anda berikan. Namun agar dia tidak sakit hati, tidak perlu berteriak atau marah ketika mengucapkan kalimat ini.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda pakai untuk menghadapi si tukang hutang. Semoga bermanfaat. (vemale.com/Diyah)

loading...
Berita Pilihan

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional