Inilah 4 Cara Efektif Bantu Anak Agar Berprestasi di Sekolah

Avatar of PortalMadura.com
Inilah 4 Cara Efektif Bantu Anak Agar Berprestasi di Sekolah
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orang tua pasti sangat bahagia jika memiliki yang cerdas dan terus menoreh prestasi di . Hal ini agar bisa tercapai tentu perlu campur tangan dari orang tua. Dengan begitu, si kecil akan memiliki bekal yang cukup untuk kesuksesan masa depannya.

Apalagi, bila si kecil sudah terlatih untuk mengasah potensi yang dimiliki sejak dini, maka akan berdampak positif bagi perkembangan anak. Maka dari itu, agar buah hati Anda bisa berprestasi di sekolah, ada sejumlah hal yang perlu dilakukan.

Berikut empat cara orang tua membantu anak agar berprestasi di sekolah:

Bantu Anak Membuat Jadwal Harian yang Terarah
Disiplin jadi kunci penting agar anak bisa berhasil dan sukses. Bantu anak untuk membuat jadwal harian dan kegiatan mereka. Mulai dari jadwal sekolah, mengerjakan PR, bermain, dan kegiatan lainnya.

Upayakan anak sendiri yang menentukan dan membuat jadwalnya, karena yang akan menjalankannya adalah dirinya sendiri. Orang tua hanya perlu mengawasi dan mendampinginya.

Konsultasi dengan Guru Sekolah
Saat ada rapat atau pengambilan rapor sekolah, Anda bisa berkonsultasi dengan wali murid anak Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui soal perkembangan dan kebiasaan anak belajar.

Kenali gaya belajar anak juga minat serta hobinya pada bidang tertentu. Sehingga Anda bisa mendapat gambaran soal membuat arahan pada anak. Bagaimana pun setiap anak itu unik dan istimewa.

Luangkan Waktu Belajar Bersama Anak
Saat anak ada PR, Anda bisa meluangkan waktu untuk mendampinginya. Hal ini akan membuat anak lebih semangat belajarnya.

Namun, Anda tidak perlu menjadi semacam guru yang galak saat menemani anak belajar atau mengerjakan PR, karena khawatir dia malah tidak semangat buat belajar.

Bahas Soal Cita-Cita atau Impian Anak di Masa Depan
Apa yang ingin anak capai kalau sudah besar?. Apa impian terbesar yang mau ia raih nanti?. Di sini anak akan mendapat gambaran akan masa depannya. Sehingga buah hati Anda bisa tahu target dan tujuan ke depannya. Bahkan, tidak malas-malasan atau ogah-ogahan lagi dengan yang dikerjakan atau diusahakan sekarang.

Membantu anak untuk bisa berprestasi memang butuh proses yang panjang. Perhatikan juga karakter dan minat anak anak pada bidang tertentu. Sebisa mungkin, bikin anak betah belajar dan tidak merasa takut atau tertekan saat sekolah. (vemale.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.