Inilah 4 Hal Kecil Yang Sering Diabaikan Anak

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 4 Hal Kecil Yang Sering Diabaikan Anak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kesibukan belajar atau bermain, boleh jadi menyebabkan Anda lupa pada hal-hal yang beresiko terhadap kesehatannya. Apa sajakah hal kecil yang sering diabaikan oleh anak Anda?

Tempat belajar kurang bersih

Anak kadang-kadang lalai membersihkan area belajar di rumah maupun sekolah. Lantai kamar rumah atau lantai ruang kelas mungkin saja sudah bersih. Namun meja belajar sering terlupakan kebersihannya. Padahal, meja merupakan lokasi bakteri dan kuman penyakit yang jumlahnya ratusan kali lebih banyak dibandingkan toilet duduk.

Oleh sebab itu meja belajar anak harus tetap bersih dan rapi. Upayakan anak Anda agar selalu merapikan dan membersihkan meja belajar selama beberapa menit sebelum berangkat sekolah maupun pulang dari sekolah. Menjaga kebersihan meja belajar dengan mengelap, atau menyemprotkan sanitizer ke permukaan meja belajar anak.

Malas minum air putih

Anak sering malas minum air putih. Boleh jadi karena rasanya tawar dan hambar. Namun banyak minum air putih dapat mencegah anak dari dehidrasi. Anak yang malas minum air putih sering terlihat lesu dan tidak bersemangat belajar sehingga cara belajarnya menurun. Konsentrasi mudah terganggu, pelupa dan mengantuk ketika belajar.

Tidak suka makan sayur dan buah

Entah tidak suka atau memang tidak sempat, banyak anak sekolah yang lalai mengkonsumsi sayur dan buah. Makan sayur dan buah yang cukup merupakan upaya untuk melengkapi nutrisi penting metabolisme tubuh, siswa perlu banyak mengkonsumsi buah dan sayuran. Sebagian besar mengandung zat cair yang dapat melancarkan proses metabolisme dalam tubuh. Selain itu buah dan sayuran mengandung zat dari berbagai vitamin dan mineral, dan zat antioksidan. Ini diperlukan untuk menunjang kebugaran tubuh siswa dalam melakukan aktivitas belajar yang padat.

Mencuci tangan

Cuci tangan tidak hanya dilakukan usai makan. Namun harus dilakukan jika memegang benda kotor yang nampak secara kasat mata maupun tidak. Benda tersebut mengandung kuman dan bibit penyakit. Dengan berbagai alasan anak menjadi lupa mencuci tangan. Tanpa sadar anak langsung memegang makanan sebelum sempat membersihkan tangan.

Empat poin di atas kelihatannya sepele namun berdampak terhadap kesehatan anak. Jika kesehatan anak terganggu maka cara belajar anak menjadi tidak efektif sehingga prestasi belajarnya akan menurun. (matrapendidikan.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.