Inilah 4 Kelebihan dan Kemuliaan Penuntut Ilmu

Avatar of PortalMadura.com
Inilah 4 Kelebihan dan Kemuliaan Penuntut Ilmu
ilustrasi

PortalMadura.Com – Orang yang memiliki ilmu akan dimuliakan oleh Allah SWT baik di dunia maupun di Akhirat. Bahkan, seluruh penghuni langit dan bumi serta ikan-ikan di dasar laut akan memintakan ampunan kepada mereka.

Dari Abu Hurairah r.a, dia berkata, Rasulallah bersabda: “Tidaklah orang yang meniti di jalan untuk menuntut ilmu kecuali Allah akan memudahkan jalannya menuju surga, sedangkan orang yang memperlambat dalam mengamalkannya, maka tidak akan cepat mendapatkan nasabnya (keberuntungan)” (HR Abu Daud).

Selain itu, dari Katsir bin Qaiz, Abu-Ad Darda lalu berkata, “Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah bersabda, ‘Barang siapa berjalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan memperpanjangkannya di antara jalan-jalan yang ada di surga, sedangkan malaikat akan meletakkan sayapnya (memberikan doa) karena senang dengan para .

Kelebihan dan keutamaan lainnya bagi orang yang memiliki ilmu pengetahuan atas ahli ibadah, yaitu bagaikan keutamaan bulan pada malam purnama atas bintang-bintang di sekitarnya. “Sesungguhnya para ulama adalah pewaris para nabi dan para nabi tidak mewariskan dinar atau dirham, tetapi mewariskan ilmu pengetahuan. Barang siapa mengambilnya berarti telah mengambil bagian yang banyak” (HR Abu Daud).

Berdasarkan hadis di atas menggambarkan bahwa terdapat keutamaan ahli ilmu (ulama). Berikut ini penjelasannya:

Bermanfaat buat Orang Lain
Seseorang yang mempunyai ilmu pengetahuan dapat membuat inovasi terbaru berupa karya. Sedangkan karya-karyanya berguna untuk kepentingan orang lain dan menyelesaikan masalah kehidupan.

Misalnya, inovasi pertanian seperti perbenihan. Ahli ilmu yang bisa melakukan rekayasa terhadap genetik benih sehingga tanaman tidak mati terkena banjir dan kekeringan. Inovasi tersebut berguna untuk masyarakat secara luas. Sedangkan sebaik-baiknya umat adalah yang bermanfaat untuk orang lain.

Terhindar dari Kebodohan
Mengurungkan niat untuk menuntut ilmu maka bersiap maraknya kebodohan. Islam menyuruh umatnya untuk menuntut ilmu agar meningkat pengetahuannya dan bisa mengarungi kehidupan di dunia, sehingga mudah mempertanggungjawabkan di akhirat.

Ahli Ibadah
Seseorang yang mempunyai ilmu pengetahuan termasuk ahli ibadah. Saat dia menyebarkan ilmu itu kepada orang lain dan terhindar dari kebodohan maka sudah mengalir pahala untuknya.

Negeri ini pasti jaya dan sejahtera kalau benar seseorang yang sudah memiliki ilmu kemudian menerapkan ilmunya. Sedangkan, menyembunyikan ilmu dari orang lain padahal mengetahui, maka dia tidak akan mewariskan ilmu itu kepada orang lain. Jumlah orang pandai akhirnya tidak bertambah karena menyembunyikan ilmu.

Pejuang Hebat
Ahli ilmu termasuk pejuang. Mempelajari sebuah ilmu butuh waktu, konsistensi, pengamatan dan analisis, serta sampai kepada percobaan-percobaan. Di samping itu, penuntut ilmu jangan menjadi pencuri ilmu pengetahuan. Sebutkanlah siapa pemilik asli dari ilmu itu. Ada nilai etika yang harus dipahami oleh orang yang sedang berjuang untuk mendapat ilmu. (republika.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.