PortalMadura.com

Inilah 4 Keutamaan Membaca Surah Al Kahfi di Hari Jumat

  • Jumat, 14 Oktober 2016 | 17:00
Inilah 4 Keutamaan Membaca Surah Al Kahfi di Hari Jumat
ilustrasi

PortalMadura.Com – Alquran merupakan kalam (perkataan) Allah SWT yang memiliki bahasa begitu tinggi dan tidak diragukan kebenarannya. Setiap surah-surah-Nya memiliki keagungan, manfaat dan keutamaan tersendiri. Salah satunya, yaitu surah Al Kahfi.

Advertisement

Surah Al Kahfi adalah salah satu surah yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat jika dibaca dan diamalkan dengan benar oleh umat Islam. Surah ini juga dianjurkan oleh Rasulullah untuk dibaca umat muslim pada hari Jumat atau malam Jumat.

“Barangsiapa yang membaca surah Al Kahfi di hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat,” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi).

Sebenarnya tidak harus di hari Jumat saja, namun sangat dianjurkan pada hari tersebut. Karena, hari Jumat adalah hari yang baik bagi umat Islam di seluruh dunia.

Surah Al Kahfi berjumlah 110 ayat dan menempati urutan ke 18 dari 114 surah yang ada dalam Alquran. Selain itu, surah ini termasuk surah Makiyyah, atau surah yang diturunkan di Kota Makkah.

Berikut empat keutamaan membaca surah Al Kahfi pada hari Jumat atau malam Jumat:

Dapat Melindungi Anda dari Dajjal dan Segala Fitnahnya
Konon, dalam beberapa riwayat hadis, makhluk bernama Dajjal itu adalah seburuk-buruk makhluk yang pernah ada. Ada yang meriwayatkan dia bermata satu dengan kulit warna merah, ada juga yang meriwayatkan dia berbadan besar dan akan muncul dari Segitiga Bermuda.

Bahkan, ada pula yang mengatakan bahwa dia adalah sebuah makhluk yang memiliki tulisan “Kaf Fa Ro” yang artinya “Kafir”.

Dalam sebuah hadis diriwayatkan: “Dajjal tidak akan muncul sehingga manusia melupakannya dan para Imam meninggalkan untuk mengingatnya di atas mimbar-mimbar,” (HR Ahmad).

Oleh karena itu, salah satu keutamaan dan manfaat dari membaca surah Al Kahfi setiap hari Jumat atau malam Jumat salah satunya adalah menghindarkan Anda dari fitnah keji Dajjal. Karena, fitnah Dajjal sangat kejam, dan dapat membawa Anda kepada kesesatan dan neraka Jahanam.

Hal tersebut diperkuat dengan hadis berikut ini: “Barang siapa membaca surah Al Kahfi pada hari Jumat, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya,” (HR Dailami).

Advertisement
loading...
Advertisement
Iklan Murah
loading...

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional