Inilah 4 Tanda Mobil Anda Butuh Perbaikan yang Perlu Diketahui

Avatar of PortalMadura.com
Inilah 4 Tanda Mobil Anda Butuh Perbaikan yang Perlu Diketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap kendaraan tentu membutuhkan perawatan untuk menjaga kondisinya selalu prima dan siap dipakai, termasuk . Meskipun mobil Anda sekuat dan setangguh apa pun, pastinya akan butuh perawatan maupun komponen.

Sebagaimana menurut seorang Autoevolution, menyebutkan, bahwa mobil juga akan memberi tanda bila ada kerusakan dan perlu segera diperbaiki. Lantas, apa sajakah tanda-tanda mobil butuh perbaikan?.

Berikut empat tanda mobil Anda butuh perbaikan:

Asap Tebal
Jika knalpot mengeluarkan asap tebal, ada masalah pada mesin, bahkan mesin diesel sekalipun. Jika asap putih disertai bau menyengat berarti oli mesin masuk dalam ruang pembakaran. Jika asap putih saat awal mesin dihidupkan, ring piston sudah mulai melemah.

Kebocoran Cairan
Ada banyak cairan di mobil, oli mesin, oli transmisi, radiator, suspensi hingga minyak rem. Untuk mengetahuinya, cek kondisi lantai area parkir mobil jika ada bekas noda kebocoran cairan, Anda akan lebih mudah mencari titik masalahnya.

Periksa juga area pelek Anda, jika ada jejak tetesan minyak, maka minyak rem bocor. Tentu jika dibiarkan kinerja rem jadi tidak maksimal dan tentu akan membahayakan.

Suara dan Getaran
Saat digunakan mobil memang hasilkan suara dan getaran, tapi dalam batas normal. Namun, jika ada suara ketika melewati speed bumps (polisi tidur), suspensi dan bushing roda sebaiknya diperiksa.

Jika suara aneh muncul saat setir diputar hingga mentok, ada masalah pada power steering. Jika mesin bergetar hebat, bisa saja ada satu busi yang mati sehingga mesin pincang. Suara ngelitik terus menerus juga menandakan masalah serius pada mesin.

Tanda Tidak Wajar
Jika konsumsi BBM makin boros sementara cara berkendara tidak berubah, juga menandakan mobil butuh diservis. Transmisi otomatis kasar saat memindahkan tuas (kecuali manual) juga menandakan ada yang tidak beres.

Jika mesin sulit distarter dan berulang disuatu waktu, bisa jadi aki mulai melemah atau komponen dinamo starter mulai bermasalah. Catat dan bicarakan pada mekanik saat waktunya servis berkala. (metrotvnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.