Inilah 4 Tips Efektif Jaga Kebiasaan Baik Bulan Ramadan

Avatar of PortalMadura.com
Inilah 4 Tips Efektif Jaga Kebiasaan Baik Bulan Ramadan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu bulan yang memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan adalah Ramadan. Bulan penuh berkah dan ampunan ini membuat umat muslim mencoba berbenah diri dan menuju ke arah yang lebih baik.

Kebiasaan baik itu, seperti menunaikan ibadah wajib seperti salat lima waktu, berpuasa, dan bersedekah juga dilakukan penuh semangat di bulan ini. Sayangnya, masih ada sebagian umat muslim yang kebiasaan baik di bulan Ramadan ini tidak dilanjutkan di bulan lainnya.

Untuk itu, ada beberapa cara yang perlu diketahui umat Islam agar bisa menjaga kebiasaan baik bulan Ramadan. Berikut ini ulasannya:

Panjatkan Doa
Kekuatan doa dapat membantu siapapun yang memanjatkannya kepada Allah. Mintalah selalu kepada-Nya untuk memberi kemampuan agar Anda bisa menjaga kebiasaan baik. Hanya Allah yang mampu membantu Anda menghadapi setiap keadaan.

Jadikan Doa sebagai Kebiasaan
Jika Anda ingin menjaga kebiasaan baik, pastikan Anda menjadikan doa sebagai kebiasaan. Rasulullah mendorong umat Muslim berpuasa pada Senin dan Kamis.

Diriwayatkan oleh Tirmidzi, Rasulullah bersabda: “Perbuatan seseorang dilaporkan (kepada Allah) pada hari Senin dan Kamis dan saya lebih suka bahwa saya harus berpuasa saat perbuatan saya dilaporkan”.

Evaluasi Diri Sepanjang Malam
Pikirkan yang Anda lakukan di siang hari setiap malam. Malam adalah cara yang baik unuk mengevaluasi apa yang telah Anda lakukan selama seharian.

Evaluasi diri tidak hanya membantu Anda melihat di mana Anda berada dan ke mana harus pergi. Tetapi juga sebagai pengingat tentang apa yang seharusnya Anda lakukan dan tidak lakukan.

Evaluasi Diri Setiap Minggu
Mengevaluasi diri setiap seminggu sekali membantu Anda melihat gambaran yang lebih besar. Anda juga bisa melakukannya setiap bulan atau setiap minggu. Dengan demikian, Anda bisa mempertahankan kebiasaan baik selama Ramadan di hari-hari selanjutnya. (okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.