Inilah 5 Cara Belajar Keliru Yang Perlu Dihindari Anak

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 5 Cara Belajar Keliru Yang Perlu Dihindari Anak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Meraih prestasi merupakan impian bagi -anak maupun orang tua. Namun ada sebagian anak yang mengalami kesulitan dalam meraih prestasi itu.

Jika ingin meraih prestasi belajar sebaiknya hindari cara atau belajar yang salah atau keliru. Karena cara belajar yang salah justru akan mempersulit usaha untuk mencapai hasil belajar yang optimal.

Ada beberapa cara atau kebiasaan belajar belajar keliru yang sering dilakukan dan perlu dihindari oleh anak. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Menumpuk materi

Cara belajar yang salah dan lazim dilakukan anak adalah menumpuk materi pelajaran. Anak rajin mencatat materi pelajaran di sekolah. Namun terbiasa menunda untuk mengulangnya di rumah.

Belajar sampai larut malam

Ada kebiasaan yang sering dilakukan oleh sebagian anak tanpa disadari ternyata keliru. Belajar sampai larut malam sehingga menimbulkan kelelahan yang luar biasa. Keesokkan harinya anak pasti mengantuk dalam mengikuti pelajaran di sekolah.

Belajar sambil nonton siaran TV

Mungkin ini termasuk cara paling salah dilakukan anak ketika belajar. Anak belajar di depan pesawat televisi. Buku pelajaran dibuka sambil menonton siaran televisi.

Dapat diperkirakan bahwa anak tidak mungkin dapat memusatkan perhatian pada pelajaran. Oleh sebab itu, orangtua perlu memperhatikan cara belajar anak seperti ini.

Belajar ketika ada tugas rumah

Ada juga cara belajar anak yang keliru dimana mereka belajar hanya ketika ada tugas  atau pekerjaan rumah. Jika tidak ada tugas atau PR dari guru, anak tidak mau belajar.

Belajar sambil tiduran

Ada anak yang terbiasa dan nyaman belajar sambil tiduran. Dalam posisi telentang anak membaca buku pelajaran. Kadang-kadang posisi buku dengan mata terlalu dekat, tidak berada pada jarak baca normal.
Akibatnya materi pelajaran menumpuk sehingga anak terpakasa merapel belajar ketika ada ulangan. Risikonya adalah sulit memusatkan perhatian dan memahami pelajaran karena kemampuan otak anak terbatas

Itulah 5 kebiasaan atau cara belajar keliru yang lazim dilakukan anak dan perlu dihindarkan. (matrapendidikan.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.