Inilah 5 Cara Jitu Dinginkan Smartphone yang Kepanasan

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 5 Cara Jitu Dinginkan Smartphone yang Kepanasan
ilustrasi

PortalMadura.Com Android kepanasan atau overheat pasti sebagian dari pengguna sudah sering merasakan hal ini. Overheat merupakan kondisi dimana suhu smartphone secara drastis menjadi panas, bahkan mengganggu aktivitas bagi penggunanya.

Sebenarnya, banyak penyebab smartphone bisa memanas seketika. Penyebab utamanya adalah penggunaan aplikasi secara multitasking, atau juga pengisian daya dengan kabel yang tidak sesuai dengan perangkat.

Berikut lima cara yang harus Anda lakukan saat smartphone menjadi panas:

Hindari Tempat Panas
Jika smartphone Anda sudah memanas, jangan gunakan di tempat yang panas juga. Misalnya, jangan gunakan smartphone di dalam mobil yang terkena sinar matahari. Pasti kondisi mobil sangat panas dan otomatis membuat smartphone Anda panas juga.

Istirahatkan Smartphone
Sudah terlanjur panas sampai-sampai tidak bisa dipegang?. Jika hal ini terjadi, yang harus Anda lakukan adalah mematikan smartphone (jika memiliki baterai, lepas baterainya) dan membiarkannya ‘istirahat' hingga 30 menit.

Namun pastikan ketika Anda meletakkan smartphone, jangan di tempat yang panas juga. Kalau bisa letakkan di dalam ruangan ber-AC.

Jangan Simpan Smartphone di Dalam Tas atau Saku
Jangan pernah simpan smartphone Anda di saku celana atau tas ketika sedang dalam suhu paling panas. Oleh karena itu, antisipasi hal tersebut dengan ‘mengistirahatkannya' seperti pada poin nomor dua di atas.

Jangan Gunakan Aplikasi
Ketika smartphone sedang ‘demam', jangan menggunakan aplikasi apapun. Diamkan dulu seperti pada poin nomor 2. Anda pun bisa men-delete beberapa aplikasi yang menurut Anda tidak perlu dan memadati memori penyimpanan smartphone.

Gunakan Aplikasi Pendingin
Poin ini sebetulnya tidak terlalu kami sarankan, karena semua cara manual di atas sudah dapat menolong smartphone Anda dari overheat. Namun, tidak ada salahnya mencoba kan?.

Ada beberapa aplikasi pendingin yang bisa Anda manfaatkan untuk mendinginkan smartphone Anda. Rekomendasi kami adalah Ease US Coolphone, Master Doctor Droid Cooler, Cooler Master, dan Coolify. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.