PortalMadura.com

Inilah 5 Cara Mengajar Rasulullah yang Perlu Ditiru

  • Kamis, 20 Oktober 2016 | 17:00
Inilah 5 Cara Mengajar Rasulullah yang Perlu Ditiru
ilustrasi

PortalMadura.Com“Barang siapa yang ditanya tentang suatu ilmu pengetahuan lalu ia menyembunyikannya, maka pada hari kiamat kelak Allah SWT akan mengekangnya dengan kekang api neraka,” (HR Abu Dawud dan Imam Tirmidzi).

Oleh karena itu, mengajar merupakan pekerjaan dan tugas yang mulia. Kegiatan yang satu ini adalah bagian penting dari proses pendidikan. Maka beruntunglah bagi para guru yang gemar mengajarkan ilmu kepada para muridnya.

Sebagaimana sabda Rasulullah: “Barang siapa mengajarkan suatu ilmu, maka dia mendapatkan pahala dari orang-orang yang mengamalkannya dengan tidak mengurangi sedikit pun pahala orang yang mengerjakannya itu,” (HR Ibnu Majah).

Sungguh Allah, para Malaikat-Nya, serta semua penghuni langit dan bumi termasuk semut dalam lubangnya dan ikan-ikan, sungguh semuanya mendoakan kebaikan bagi orang-orang yang mengajari manusia.” (HR Tirmidzi).

Lantas, siapa sosok pengajar yang patut diteladani?. Rasulullah bersabda: “Sungguh aku telah diutus (oleh Allah SWT) sebagai seorang pengajar,” (HR Ibnu Majah). Sebenarnya, ada beberapa inspirasi yang bisa guru pelajari dari potret pengajaran Rasulullah.

Berikut lima inspirasi yang bisa guru pelajari dari Rasulullah:

Pengajar yang Memiliki Kasih Sayang
Rasulullah adalah pribadi pengajar yang memiliki sifat kasih sayang, menjauhi kesulitan, menyukai kemudahan, senantiasa berbuat baik dan mencurahkan kebaikan kepada orang lain.

Allah SWT berfirman: “Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin” (QS at-Taubah: 128).

loading...
Berita Pilihan

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional