Inilah 5 Golongan Orang Yang Rajin Salat Tapi Masuk Neraka

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 5 Golongan Orang Yang Rajin Salat Tapi Masuk Neraka
ilustrasi

PortalMadura.Com adalah kewajiban umat muslim di dunia agar dirinya bisa selamat di dunia dan di akhirat. Meninggalkan salat memang akan mendapatkan dosa. Oleh karena itu, orang yang rajin salat dianggap sebagai orang yang akan menghuni surga.

Akan tetapi, apa yang tidak terlihat oleh kita tentu kita tidak tahu. Tidak semua orang yang rajin salat itu bisa masuk surga, bisa masuk surga jika mendapatkan rida Allah. Rajin salat saja tidak akan cukup untuk mendapatkan rida Allah jika orang-orang yang rajin salat itu masih melakukan hal-hal yang tidak dibenarkan oleh Allah.

Inilah beberapa penyebab orang yang rajin salat tetapi pada akhirnya tetap masuk neraka:

Salat Tetapi Suka Berdusta
Berdusta merupakan salah satu dosa besar dan diancam siksa yang pedih di akhirat kelak. Dizaman seperti ini, kebohongan tampaknya sudah menjadi suatu kebiasaan di kalangan masyarakat. Padahal, sekecil apapun sebuah kebohongan akan tetap dianggap sebagai dosa besar.

Meskipun ada seseorang yang rajin salat dan beribadah, namun apabila lisannya suka berbohong maka salat dan ibadahnya akan sia-sia semata. Karena kebohongannya itu akan menghapus amal-amalnya. Apabila ia mati dalam keadaan tidak bertaubat kepada Allah, maka dia akan dimasukkan kedalam neraka.

Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya yang mengada-adakan kebohongan, hanyalah orang-orang yang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah, dan mereka itulah orang-orang pendusta,” (QS. An-Nahl ayat 105).

Salat Tetapi Minum-minuman Keras
Hal ini sering kita jumpai dikalangan masyarakat, banyak sekali orang yang melakukan salat. Akan tetapi mereka suka meminum minuman keras. Inilah akibatnya apabila menganggap salat hanya sebagai sebuah rutinitas semata, sehingga dalam melaksanakannya tidak dibarengi dengan hati yang ikhlas.

Rasulullah sendiri mengatakan bahwa setiap minuman keras itu adalah induk dari segala macam kejahatan, bahkan Rasulullah juga melarang setiap muslim untuk mendekati khamr (minuman keras), apalagi sampai meminumnya. Baik sedikit atau banyak, khamr adalah barang haram yang tidak boleh diminum oleh orang yang beragama Islam.

Rasulullah bersabda: “Barang siapa minum khamr, pasti Allah memberi minum kepadanya dari air panas neraka Jahannam,” (HR. Al Bazzar).

Salat Tetapi Percaya Dukun
Orang yang salat tetapi ia percaya dengan dukun atau tukang ramal adalah salah satu orang yang dapat dikatakan salat tetapi ia masuk neraka. Seperti kita ketahui, dukun adalah orang yang mengaku bahwa dirinya mengetahui perkara-perkara ghaib dan tersembunyi.

Dalam hadis riwayat Imam Muslim, orang yang percaya kepada dukun, maka salatnya tidak akan diterima selama 40 hari. Selain itu, percaya dengan dukun adalah termasuk dalam kategori dosa besar.

Karena hanya Allah sajalah Yang Maha Mengetahui segala sesuatu. Percaya kepada dukun juga dapat dikategorikan sebagai perbuatan musyrik, karena dukun itu adalah orang yang bersekutu dengan bangsa jin. Jika kita mempercayainya, maka kita akan terkena dosa syirik.

Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang mendatangi tukang ramal atau dukun kemudian ia membenarkan apa yang dikatakannya itu, maka sesungguhnya ia telah ingkar terhadap apa yang telah diturunkan kepada Rasulullah,” (HR. Abu Dawud, at Turmudhi dan Ibnu Majah).

Salat Tapi Suka Bergunjing Keburukan Orang Lain
Allah SWT berfirman: “Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?” Mereka menjawab: “Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan salat, dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin, dan adalah kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya, dan adalah kami mendustakan hari pembalasan, hingga datang kepada kami kematian”. Maka tidak berguna lagi bagi mereka syafa'at dari orang-orang yang memberikan syafa'at,” (QS. Al-Muddaththir ayat 42-48).

Dalam ayat diatas, salah satu penyebab orang masuk neraka adalah karena suka membicarakan keburukan orang lain. Orang yang mendirikan salat, tetapi suka membicarakan kejelekan orang lain maka ia akan ditempatkan didalam neraka Saqar.

Salat Tetapi Mengabaikan Anak Yatim
Orang-orang yang salat tetapi mengabaikan anak yatim adalah termasuk dalam golongan orang-orang yang mendustakan agama. Hal ini sudah jelas diterangkan dalam Alquran surat Al-Ma'un: “Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Maka itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan untuk memberi makan orang miskin. Maka celakalah orang yang salat, (yaitu) orang-orang yang lalai terhadap salatnya, yang berbuat riya', dan enggan (memberikan) bantuan,” (ayat 1-7).

Maka, orang yang salat tetapi tidak mau menolong orang miskin, mengabaikan anak yatim, dan enggan menolong sesama adalah termasuk dalam orang-orang yang celaka. Sehingga, sekalipun ia ahli ibadah maka ia juga dapat masuk ke neraka karena ia menyia-nyiakan anak yatim. (enterberita.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.